MENGENAL CIRI-CIRI “CELEBRITY WORSHIP SYNDROME”. ADA DI KAMU?

Setiap orang biasanya memiliki satu atau beberapa idola dalam hidupnya. Tak ada yang salah dari memiliki selebritas atau figur publik yang dikagumi.

Setiap orang biasanya memiliki satu atau beberapa idola dalam hidupnya. Tak ada yang salah dari memiliki selebritas atau figur publik yang dikagumi.

Namun, akan kurang baik jadinya kalau seseorang mengagumi idolanya secara berlebihan sampai masuk ke tahap obsesif. Kondisi seperti itu dikenal sebagai celebrity worship syndrome.

Orang dengan celebrity worship syndrome menjadikan idolanya sebagai pusat dari hidupnya. Mereka akan terlalu tertarik dan terlibat dengan detail kehidupan sosok yang dikaguminya hingga mempengaruhi perilaku mereka.

Melansir dari idntimes.com (25/11/2021), setidaknya ada lima ciri-ciri celebrity worship syndrome. Apa saja?

  1. Mengimitasi gaya idolanya. Misalnya, gaya rambut dan cara berpakaian.
  2. Tidak suka kalau temannya ikut mengagumi idolanya tersebut. Bagi dia, idolanya hanya boleh disukai dia seorang.
  3. Menjadikan idolanya sebagai objek fantasi yang berlebihan.
  4. Merasa hampa kalau belum mengetahui kabar terbaru dari idolanya. Bahkan, mereka jadi kurang termotivasi untuk melakukan aktivitas apapun.
  5. Kepo alias penasaran banget dengan informasi pribadi sang idola. Mereka harus tahu informasi A-Z tentang idolanya, dari informasi yang umum sampai personal.

Gimana, apakah kamu memiliki ciri-ciri di atas? Kalau ada, yuk coba kurangi tingkat obsesimu. Sebab, celebrity worship syndrome yang dibiarkan berkepanjangan dapat masuk tahap gangguan serta berdampak buruk pada diri sendiri dan orang lain.

Seperti dilansir dari grid.id (18/4/2021), celebrity worship syndrome yang telah masuk tahap gangguan dapat menyebabkan depresi berkepanjangan, impulsifitas, delusi erotomania, dan halusinasi berlebihan. Bahkan, ia bisa saja menyerang orang lain yang dianggap merugikan idolanya.

Celebrity worship syndrome dapat diatasi salah satunya dengan mencari hobi atau kesibukan baru untuk mengalihkan pikiran dari sang idola. Kamu juga bisa meminta bantuan orang terdekat untuk mengawasi dan mengingatkan kamu kalau sudah bertindak berlebihan. Apabila tidak berhasil, tak ada salahnya kamu konsultasi sama ahli atau psikolog.

(Written by: Cahyu CA)

Total
0
Shares
Previous Article

SERING BINGUNG KENAPA DI-GHOSTING COWOK? BISA JADI INI ALASANNYA!

Next Article

E-sports Dikabarkan Akan Masuk Kurikulum Sekolah. Benarkah?

Related Posts