Memasuki Malam Hari Kreativitas Kita Mulai Beraksi, Kenapa Ya?

Sebagai manusia, kita pasti membutuhkan ide kreatif untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaan kita. Namun, seringkali ide-ide yang kita butuhkan di siang hari selalu muncul pada malam hari.

Anehnya, saat malam hari inilah seluruh aspek, konsep, bahkan visualisasi dari ide-ide tersebut tergambar dengan jelas. Padahal, malam hari sejatinya adalah waktu untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian.

Menariknya, dalam fenomena ini terdapat dua kubu yang berbeda. Pertama, morning person yaitu orang yang lebih aktif di pagi hari. Sementara, ada night owl, tipe orang yang saat malam hari tingkat produktivitasnya lebih tinggi.

Menurut Guru Besar Kesehatan Jiwa di UC San Diego bernama Daniel Kripke, penyebab adanya perbedaan karena faktor ritme sirkadian alias relasi antara waktu tidur dengan organ tubuh lainnya yang berbeda pada setiap orang.

Bagi tipe orang morning person, produksi melatonin mereka cenderung tinggi sehingga memicu kantuk pada malam hari. Sedangkan, orang dengan karakter night owl karena memiliki proses biologis yang lebih rumit. Ditambah dengan suasana hati yang terasa lebih positif saat sore hari, sehingga memudahkan untuk berpikir kreatif di malam hari.

Faktor lainnya, malam hari diyakini sebagai waktu yang tenang sehingga dapat membantu otak berpikir secara rileks. Terpenting, ketika otak merasa rileks, ide-ide pun jadi lebih mudah bermunculan dibanding saat kita melakukan aktivitas-aktivitas berat.

Source Photo from Unsplash/Jonas Leupe

Total
0
Shares
Previous Article

Bangga! Lyodra Akan Jadi Perwakilan Indonesia di Asia Artist Awards 2022

Next Article

Chris Evans Dinobatkan Jadi Pria Terseksi 2022

Related Posts