MASYARAKAT YANG BEPERGIAN SAAT LIBUR NATAL – TAHUN BARU WAJIB BAWA SURAT KELUAR MASUK DARI RT

Pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 selama libur natal dan tahun baru, yaitu dari 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 selama libur natal dan tahun baru, yaitu dari 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Dalam kurun waktu tersebut, masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota wajib membawa Surat Keluar Masuk (SKM) yang diterbitkan oleh Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat.

“Ada pos sebagai check point (titik pemeriksaan). Nah, di situ nanti juga akan dicek apakah masyarakat yang bepergian memiliki SKM,” kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Dedi Prasetyo, seperti dikutip dari katadata.co.id (27/11/2021).

Ia menambahkan, polisi akan berjaga di sejumlah titik pemeriksaan yang telah ditentukan. Titik pemeriksaan ini akan berlokasi di seluruh pintu tol dan jalur akses perbatasan antar wilayah.

Selain itu, Dedi mengatakan bahwa pihak kepolisian juga akan menggelar Operasi Lilin dalam rangka menjaga keamanan selama periode liburan. Operasi Lilin ini akan berlangsung dari 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Lebih lanjut, sebanyak 217 ribu aparat dari berbagai organisasi juga akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan.

“Kami libatkan seluruh Indonesia, sekitar 217 ribu, seluruh Indonesia. TNI juga mempersiapkan personilnya, satpol PP, dan jajaran kesehatan juga mempersiapkan, dan pemangku kepentingan lainnya,” kata Dedi.

Aparat akan melakukan pengawasan selama periode libur natal dan tahun baru dengan mengacu pada Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021. Beberapa kebijakan yang tercantum dalam Inmendagri Nomor 62 antara lain masyarakat diimbau tidak pulang kampung, arus pergerakan masyarakat yang masuk dari luar negeri akan diperketat guna mengantisipasi mudik pekerja migran, serta pembatasan jumlah jemaat 50 persen dari total kapasitas gereja.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article

CEGAH VARIAN OMICRON MASUK, WAKTU KARANTINA WNA DAN WNI DARI LUAR NEGERI DITAMBAH JADI 7 HARI

Next Article

USS Networks Hadirkan Rangkaian Kegiatan Menarik di Urban Sneaker Society 2021

Related Posts