Masih Mau Kejebak Pertemanan Manipulatif? Kenali Ciri-cirinya!

Sebagai makhluk sosial, bersosialisasi dan memiliki teman itu penting. Nggak perlu banyak-banyak sih, yang penting setia dan memang baik untuk kita. Akan tetapi, lo perlu hati-hati kalau teman lo bersikap manipulatif yang bikin hubungan pertemanan lo menjadi nggak sehat.

Biasanya, teman yang bersikap manipulatif nggak akan memberi lo ruang untuk berpendapat. Jadi, ketika mereka ingin melakukan suatu kegiatan, mereka nggak butuh saran lo. Jangankan untuk memberi saran, ketika lo ingin mengutarakan aspirasi, mereka juga nggak segan-segan untuk membatasi pendapat lo.

Sudah nggak diberi ruang untuk berpendapat, tindakan baik mereka terhadap lo juga palsu. Kenapa? Sebab, saat bersama orang lain mereka akan memperlakukan lo selayaknya teman. Namun, ketika di belakang orang lain, semua tindakan lo akan terlihat salah di mata mereka, meskipun lo melakukan hal baik. Jeleknya lagi, mereka nggak segan-segan untuk menjatuhkan lo saat lo sedang terpuruk. Duh, padahal teman kan harusnya suportif dan selalu bersikap baik, ya.

Nah, teman yang manipulatif cenderung hobi memanfaatkan orang. Mereka biasanya hanya mencari lo saat mereka butuh sesuatu, entah uang, relasi, dan bantuan lainnya. Hanya saja, ketika sudah berhasil lo jadi nggak ada apa-apanya di mata mereka.

Terakhir, pertemanan yang manipulatif itu lebih sering menyudutkan salah satu pihak ketika terjadi kesalahan. Padahal bukan lo yang salah, tetapi karena pada dasarnya sudah manipulatif jadinya lo yang harus membereskan semuanya, deh.

Dari ciri-ciri yang dibahas, mana nih yang paling sering lo temui?

Source Photo from iStockphoto/AntonioGuillem

Total
0
Shares
Previous Article

Rhoma Irama Bakal Bawakan Lagu BTS di Konser Ulang Tahun Indosiar

Next Article

Seberapa Penting Second Account Instagram untuk Milenial dan Gen Z?

Related Posts