MAHASISWA UGM OLAH KULIT SALAK JADI PERMEN ANTIDIABETES

Pandemi Covid-19 berimbas terhadap penurunan pendapatan pada sebagian besar profesi. Petani salak di Srumbung, Magelang, turut mengalami nasib yang sama.

Pandemi Covid-19 berimbas terhadap penurunan pendapatan pada sebagian besar profesi. Petani salak di Srumbung, Magelang, turut mengalami nasib yang sama.

Melihat permasalahan tersebut, empat orang mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) merasa tergerak untuk membantu para petani salak bangkit kembali. Melansir dari tempo.co (19/9/2021), keempat mahasiswa itu melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan berinisiatif membuat permen dari sari buah dan ekstrak kulit salak.

Permen bernama Salacca Soft Candy tersebut memiliki banyak kandungan gizi, yaitu zat antioksidan, flavonoid, fenolik, protein, dan vitamin C. Para mahasiswa tersebut juga menambahkan madu murni sebanyak 38 persen dalam permen itu sebagai penambah rasa.

“Pemilihan madu sebagai pemanis tidak hanya menambah rasa manis saja, namun madu mengandung zat antioksidan yang berfungsi sebagai imun booster di kala pandemi,” ujar mahasiswa pengembang sekaligus penggagas limbah kulit salak, Aulia Nur Aeni.

Tak hanya berfungsi sebagai imun booster, Salacca Soft Candy juga memiliki keutamaan sebagai antidiabetes. Aulia dan ketiga temannya ingin membantu mengatasi masalah diabetes yang masih mengkhawatirkan di Indonesia.

Melansir dari kompas.com (5/11/2020), data International Diabetes Federation menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-tujuh dari 10 negara dengan jumlah diabetes tertinggi. Tercatat lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes per 2020.

Jadi, keempat mahasiswa UGM tersebut tak hanya membantu perekonomian petani salak di Magelang tetapi juga mencegah bertambahnya penderita diabetes di Indonesia. Kini, Salacca Soft Candy telah dijual di pasar seharga Rp 800 dengan berat 50 gram dalam satu kemasan. Tertarik mencoba?

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article

SIASAT TIDAK TERJEBAK PINJAMAN ONLINE

Next Article

LIMA BUMN SIAP KUCURKAN INVESTASI KE 50 “START-UP”

Related Posts