LRT JABODEBEK AKAN BEROPERASI TANPA MASINIS

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menargetkan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) bisa mulai beroperasi pada 17 Agustus 2022.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menargetkan LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) bisa mulai beroperasi pada 17 Agustus 2022. Menariknya, LRT Jabodebek akan menggunakan sistem kendali berbasis komunikasi dengan Grade of Automation tingkat 3. Artinya, kereta dapat beroperasi secara otomatis tanpa masinis.

“Meski LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, nantinya terdapat dua orang petugas pada setiap rangkaian LRT Jabodebek, yaitu satu orang train attendant dan satu orang security,” ujar Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus, seperti dikutip dari tempo.co (23/11/2021).

Ia menjelaskan, train attendant bertugas memberikan informasi dan pelayanan kepada penumpang. Mereka juga bertugas memastikan LRT berjalan normal. Apabila terjadi gangguan, train attendant akan mengambil alih sistem kemudi kereta dengan kecepatan terbatas dan membuka-tutup pintu LRT.

“KAI saat ini sedang menyiapkan 123 orang train attendant untuk bertugas di 27 rangkaian kereta LRT Jabodebek,” ucap Joni.

Mengingat peran train attendant yang cukup krusial, PT KAI telah menetapkan sejumlah kualifikasi untuk calon petugas. Kualifikasinya antara lain tidak buta warna, sehat jasmani dan rohani, serta mampu berbicara Bahasa Inggris. Selanjutnya, train attendant yang terpilih akan mengikuti pelatihan dari PT KAI selama 2,5 bulan di Balai Pelatihan Teknik Perkeretaapian (BPTP) Sofyan Hadi Bekasi.

Apakah kamu tertarik ingin mencoba profesi tersebut?

Total
0
Shares
Previous Article

JANGAN SAMA, INI DAFTAR PASSWORD YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN DI INDONESIA TAHUN 2021

Next Article

DAFTAR RITEL DENGAN JUMLAH GERAI TERBANYAK DI INDONESIA

Related Posts