LAGI NGETREN, INI KEUNTUNGAN IPO BAGI PERUSAHAAN

Kini semakin banyak perusahaan rintisan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana di bursa saham. Banyak pula perusahaan yang dikabarkan akan menyusul melakukan IPO.

Kini semakin banyak perusahaan rintisan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham perdana di bursa saham. Banyak pula perusahaan yang dikabarkan akan menyusul melakukan IPO.

Melansir dari bisnis.com (31/8/2021), beberapa start-up yang telah mengungkapkan rencana mereka untuk melakukan IPO antara lain Blibli.com, RUN System, Tiketcom, Dekoruma, Tani Hub, dan GoTo. Hebatnya, perusahaan-perusahaan ini sudah berencana melakukan IPO walau masih menyandang status Centaur. Centaur adalah kategori untuk startup dengan valuasi 100 juta – 999 juta dollar AS.

CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro, optimistis akan semakin banyak perusahaan rintisan yang belum berstatus unikorn yang berani melakukan IPO pada tahun depan. Menurutnya, langkah ini diambil oleh sejumlah perusahaan karena melantai di bursa saham dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan perusahaan.

“Peluang ke depan (ekosistem) tetap sehat dan startup merasa bahwa IPO menjadi salah satu opsi menarik yang memberikan likuiditas ke investor atau pendiri sehingga berefek pada sehatnya ekosistem,” kata Eddi.

IPO dapat membuat bisnis kian berkembang karena perusahaan akan mendapatkan pendanaan yang lebih terjamin. Ketika perusahaan sudah go public, akses mereka ke berbagai sarana pendanaan seperti bank atau pasar uang akan lebih mudah.

Lebih lanjut, citra perusahaan perusahaan bisa meningkat karena perusahaan rintisan yang dikembangkan akan dijadikan sumber informasi. Ketika citra perusahaan meningkat, peluang untuk memperoleh lebih banyak klien akan meningkat pula.

Melihat keuntungan yang cukup banyak, maka tak mengherankan bila semakin banyak perusahaan rintisan yang berencana melakukan IPO. Harapannya, akan semakin banyak perusahaan rintisan yang juga berani melantai di bursa saham agar ekosistem start-up di Indonesia semakin berkembang besar.

Total
0
Shares
Previous Article

DALANG DIBALIK KEMUNCULAN MEREK-MEREK LOKAL DI TIMES SQUARE

Next Article

SUMBER PENDAPATAN INDOMOBIL HINGGA SUKSES UBAH RUGI JADI LABA

Related Posts