Korupsi Surya Darmadi Selama 19 Tahun Telah Rugikan Negara Rp 104 Triliun

Kasus dugaan korupsi PT Duta Palma Group dengan tersangka Surya Darmadi memecahkan rekor sebagai korupsi terbesar. Sebelumnya, Kejaksaan Agung menetapkan Surya sebagai tersangka kasus korupsi penyerobotan lahan negara untuk perkebunan kelapa sawit di Riau.

PT Duta Palma Group diduga telah menggarap lahan seluas 37.095 hektare tersebut sejak 2003 hingga tahun ini. Melansir dari tempo.co (30/8/2022), perhitungan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan menunjukkan penyerobotan lahan yang dilakukan PT Duta Palma Group telah merugikan keuangan negara Rp 4,9 triliun dan perekonomian negara Rp 99,2 triliun. Jika ditotal, maka kerugian negara mencapai Rp 104,1 triilun.

Sejak Surya ditetapkan jadi tersangka, penyidik Kejaksaan Agung telah menyita sejumlah aset yang terkait dengan dirinya. Beberapa aset itu antara lain, dua hotel di Bali, satu helikopter, empat kapal tongkang di Batam dan Palembang, 40 bidang tanah, enam pabrik kelapa sawit, tiga apartemen, dan enam bangunan. Lebih lanjut, penyidik juga telah menyita rekening bank berisi Rp 5,1 triliun, 11,4 juta dollar AS, dan 646 ribu dollar Singapura.

Wah, kalau Rp 104,1 triliun itu tidak dikorupsi oleh Surya, kira-kira bisa dimanfaatkan untuk apa ya oleh negara? Kalau Mimin sih mikirnya, salah satunya bisa buat sedikit melunasi utang negara. Melansir dari kompas.com (15/8/2022), utang Indonesia hingga Juli 2022 mencapai Rp 7.163,12 triliun. Lumayan kan, kalau bisa berkurang paling enggak Rp 104,1 triliun?

Photo source: Muse Media ID/Alda Rahmawati

Total
0
Shares
Previous Article

Miliki Masalah Dana, Hadiah Indonesia International Marathon Tak Kunjung Cair

Next Article

Cuaca Panas Capai 40 Derajat, Sejumlah Warga di China Bawa Balok Es Saat Beraktivitas

Related Posts