KISAH INSPIRATIF GUCCIO GUCCI: DARI PENJAGA LIFT HINGGA JADI PEMILIK MEREK FESYEN MEWAH

Guccio Gucci lahir di Florence, Italia, pada 26 Maret 1881. Dia terlahir dari keluarga sederhana, sehingga Gucci sudah harus merantau untuk bekerja dari usia muda demi membantu keluarganya.

Guccio Gucci lahir di Florence, Italia, pada 26 Maret 1881. Dia terlahir dari keluarga sederhana, sehingga Gucci sudah harus merantau untuk bekerja dari usia muda demi membantu keluarganya.

Pada usia 17 tahun, Gucci pergi meninggalkan Italia untuk mencari pekerjaan di Perancis. Setelah itu, ia pindah lagi ke London, Inggris, untuk mencari pekerjaan yang lebih besar.

Melansir dari biografiku.com (7/3/2019), di Inggris, Gucci bekerja di Hotel Savoy sebagai penjaga lift. Di sanalah kisah dia di bidang fesyen akan bermula.

Selama bekerja sebagai penjaga lift, Gucci banyak bertemu dengan bangsawan Inggris. Ia merasa kagum dengan gaya para tamu hotel tersebut, terutama dengan tas dan aksesoris mewah merek ‘H.J. Cave & Sons’ yang mereka kenakan. Merek ini memproduksi barang-barang mewah dari kulit.

Gucci pun sempat pulang ke Florence dan membantu ayahnya membuat sadel dan tas kulit. Ia mengaplikasikan apa yang ia lihat di London dan Paris. Namun, usahanya ini sempat tersendat karena perjembangan teknologi industri yang membuat permintaan sadel menurun.

Sebagai usaha untuk mempertahankan bisnisnya terus berjalan, Gucci memutuskan untuk membuka toko bernama “House of Gucci”. Ia memilih kuda sebagai logo bisnisnya. Logo ini berubah menjadi huruf GG yang saling terkait pada 1960.

“House of Gucci” fokus pada produksi tas dan aksesoris yang terbuat dari kulit di Florence. Setelah bisnisnya semakin dikenal, ia pun mulai menambah produknya. Gucci merancang dan menjual sepatu-sepatu yang kemudian menjadi populer di kalangan masyarakat Florence.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang kreatif dan sering menghasilkan produk-produk inovatif dengan berbagai jenis bahan. Seiring waktu, Gucci pun berhasil memperluas bisnisnya hingga luar negeri. Cabang pertamanya di luar negeri berlokasi di Manhattan dan New York, Amerika Serikat.

Guccio Gucci wafat pada 1953. Setelah kematiannya, bisnis Gucci dipegang oleh putra-putranya.

Merek Gucci masih terus berkembang hingga sekarang dengan desain produk yang terus berinovasi. Toko-tokonya bisa ditemukan di seluruh Eropa, Amerika, Asia, dan Australia. Pada 2007, Gucci pun pernah dinobatkan Nielsen sebagai merek mewah paling diminati di dunia.

Total
0
Shares
Previous Article

10 MEREK PALING BERNILAI DI INDONESIA TAHUN 2021

Next Article

GOOGLE HIBAHKAN RP 28,7 MILIAR UNTUK DUKUNG PELATIHAN IT BAGI 10 RIBU ORANG INDONESIA

Related Posts