KIAT MEMULAI BISNIS SEJAK KULIAH

Memulai bisnis tak perlu menunggu memasuki usia kerja atau ketika sudah menikah. Kamu sudah bisa memulainya sejak di bangku kuliah.

Memulai bisnis tak perlu menunggu memasuki usia kerja atau ketika sudah menikah. Kamu sudah bisa memulainya sejak di bangku kuliah.

Cukup banyak contoh pengusaha sukses yang telah memulai bisnisnya sejak masih mahasiswa. Beberapa di antaranya adalah Mark Zuckerberg pendiri Facebook, Bill Gates dan Paul Allen pendiri Microsoft, serta Atina Maulina pemilik Vanilla Hijab.

Banyak keuntungan yang dapat kamu rasakan dari memulai bisnis sejak kuliah. Misalnya, dapat memanfaatkan fasilitas dan sumber daya yang ada di kampus, kamu telah membuat perencanaan lebih awal, risikonya lebih kecil dengan keuntungan besar, serta kamu sudah punya pekerjaan saat lulus.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk membangun bisnis ketika masih kuliah? Melansir dari bisnis.com (2/9/2021), berikut beberapa kiat untuk membangun bisnis sukses sejak kuliah.

  1. Pilih produk yang sesuai minatmu

Memilih produk atau layanan yang ingin dijual bisa jadi hal yang membingungkan karena banyak sekali pilihan yang tersedia. Sebaiknya pilih jenis produk yang kamu sendiri juga sukai agar kamu selalu semangat dan termotivasi untuk membangunnya. Alternatif lainnya, kamu mungkin juga bisa memilih industri yang sesuai dengan jurusan kuliahmu sehingga ilmumu tidak sia-sia.

  • Buat rencana bisnis

Sebelum mewujudkan bisnismu menjadi nyata, kamu perlu membuat rencananya terlebih dahulu. Rencana bisnis merupakan dokumen yang merinci modal, tujuan dan strategi bisnis. Di dalam rencana bisnis tersebut, tuliskan pula secara rinci produk, layanan, dan analisis pasar. Dengan memiliki rencana bisnis yang tersusun rapi, kamu akan dapat membangun bisnis dan menyasar calon investor secara lebih mudah.

  • Perbanyak ilmu dan pengetahuan

Guna bisa membangun bisnis yang sukses, kamu perlu memiliki bekal ilmu yang banyak. Pelajari berbagai pengetahuan tentang cara membangun bisnis, pemasaran, akuntansi, teknologi, keuangan, dan sumber daya manusia. Kamu bisa mempelajarinya dari buku, video, atau bertanya ke dosen atau ahlinya.

  • Perluas relasi

Kesuksesan bisnis tak terlepas dari kekuatan networking. Relasi dapat membantu kamu melakukan promosi serta memberikan kamu advis yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk membangun bisnis memang terkesan banyak, tetapi jangan sampai kamu merasa kewalahan. Lakukan satu hal dalam satu waktu. Terpenting, kamu selalu konsisten dan fokus mengerjakannya. Semangat!

Total
0
Shares
Previous Article

PEMERINTAH GELAR RAPAT EVALUASI TERKAIT PERPANJANGAN PPKM HARI INI

Next Article

TRANSAKSI INDONESIA – CHINA KINI RESMI PAKAI RUPIAH DAN YUAN

Related Posts