KETAHUI BERAGAM MANFAAT SATELIT INTERNET CEPAT SATRIA-1 UNTUK INDONESIA

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) akan segera meluncurkan satelit internet cepat bernama Satria-1 pada 2023.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) akan segera meluncurkan satelit internet cepat bernama Satria-1 pada 2023. Satria-1 digadang-gadang menjadi satelit terbesar di wilayah Asia, lho.

“Satelit ini adalah salah satu yang terbesar di Asia dengan 150 Gbps pertama kelas ini yang ada di Asean dan Asia. Dengan digital processing 116 spot beam dan hidupnya 15 tahun,” kata Direktur Utama PSN/SNT, Adi Rahman Adiwoso, seperti dilansir dari cnbcindonesia.com (18/8/2021).

Satelit tersebut akan membantu pemerintah dalam memeratakan internet di hampir 150 ribu titik di Indonesia. Dengan kecepatan yang begitu tinggi dan jangkauan yang begitu luas, pemerintah pun memastikan satelit ini memiliki beragam manfaat di berbagai sektor pelayanan publik.

Melansir dari kumparan.com (3/5/2019), Satria-1 dapat memberikan manfaat untuk lima sektor pelayanan publik. Apa saja?

  • Sektor pendidikan

Satelit Satria-1 akan menyediakan layanan internet cepat di 93.900 titik lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. Layanan ini akan tersedia di SD, SMP, SMA, SMK, Madrasah, dan Pesantren.

  • Sektor kesehatan

Internet cepat dibutuhkan di bidang kesehatan untuk mempermudah konektivitas layanan kesehatan, terutama di wilayah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T). Guna memenuhi kebutuhan ini, maka satelit Satria-1 akan tersedia di 3.700 titik Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di seluruh Indonesia.

  • Sektor keamanan

Satelit Satria-1 akan membantu kinerja TNI dan Polri dalam hal administrasi pertahanan dan keamanan. Satelit ini akan tersedia di 3.900 titik pertahanan dan keamanan.

  • Sektor pemerintah daerah

Satelit ini juga akan tersedia di 47.900 titik kantor desa/kelurahan dan kecamatan di Indonesia. Fungsinya untuk mempermudah koneksi daring antar lembaga, sehingga pelayanan pemerintah berbasis elektronik (e-government) bisa berjalan secara efektif.

  • Sektor keuangan

Pemerintah memiliki tujuan mempercepat digitalisasi penyaluran pembiyaan ultra mikro agar keuangan inklusif di seluruh Indonesia dapat segera terealisasikan. Guna mencapai tujuan ini, pemerintah akan dibantu oleh internet cepat dari satelit Satria-1 yang tersedia di beberapa titik lembaga keuangan.

Beragam manfaat tersebut diharapkan mulai bisa dinikmati masyarakat pada November 2023. Satelit Satria-1 sudah mulai dibangun pada 2019 dan rencananya akan melakukan financial closing pada 31 Maret 2021. Lalu, satelit ini akan diluncurkan pada 17 November 2023.

Enggak sabar ya melihat satelit terbesar di Asia ini segera meluncur!

Total
0
Shares
Previous Article

KEBIJAKAN OPERASIONAL MAL DAN TEMPAT IBADAH TERBARU

Next Article

SEBANYAK 1,56 JUTA DOSIS PFIZER TIBA DI INDONESIA HARI INI

Related Posts