KEREN, SEORANG LULUSAN STM LAMONGAN BIKIN PESAWAT SENDIRI DAN DIBELI PEMERINTAH REPUBLIK CEKO

Suyanto namanya. Ia adalah lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM) di Lamongan yang berhasil membuat pesawatnya sendiri.

membuat pesawatnya sendiri.

“Saya hanya lulusan STM, tapi sempat jadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Republik Ceko,” ujar Suyanto, seperti dikutip dari kompas.com (15/12/2021).

Di Ceko, ia bekerja di sebuah perusahaan pesawat terbang. Di perusahaan inilah Suyanto memeroleh ilmu membuat pesawat.

“Setelah tidak lagi menjadi TKI saya menetap di Ciamis, rumah istri, sekalian coba buat pesawat dari pengalaman yang saya dapat. Sudah tiga ini (pesawat yang dibuat), dua lainnya sudah dibeli oleh pemerintah Republik Ceko tahun lalu,” ucapnya.

Suyanto membuat pesawat jenis Short Take Off and Landing (STOL). Seluruh proses pembuatan ketiga pesawat tersebut, mulai dari desain hingga perakitan, dilakukan oleh Suyanto seorang diri. Ia mendatangkan bahan-bahannya dari luar negeri.

Dua pesawatnya laku oleh pemerintah Republik Ceko, sedangkan satu pesawat lagi ia bawa pulang ke kampung halamannya di Lamongan. Suyanto ingin menunjukkan hasil karyanya kepada orangtuanya dan warga Lamongan.

“Pertama untuk membuktikan, bahwa anak bangsa juga bisa membuat pesawat sekelas Amerika,” kata dia. Suyanto pun berhasil menarik perhatian para tetangganya di Lamongan. Tak ada yang menyangka Suyanto mampu membuat pesawat. Para tetangganya pun merasa bangga akan kerja keras Suyanto dalam membuat pesawat hingga bisa mengangkat nama Lamongan di kancah internasional.

Total
0
Shares
Previous Article

SUKSES JADIKAN KENTUT SEBAGAI LADANG CUAN, PEREMPUAN INI HASILKAN RP 700 JUTA DALAM SEMINGGU

Next Article

Malam Ini, Persaingan Luna & Atta Meruncing, Slank, Sule Dan Demian Hadirkan Aksi Mind Blowing Di Grand Final Esports Star Indonesia

Related Posts
Read More
Instagram berencana untuk memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mencari cuan dengan berjualan NFT di aplikasi mereka. Melansir dari @marketeers (3/1/2022), Instagram sedang mengembangkan fitur transaksi cryptocurrency, di mana pengguna dapat memamerkan NFT yang mereka buat atau mengikuti kreator NFT favorit mereka.