Kepulauan Widi di Maluku Utara Dikabarkan Akan Dilelang oleh Pihak Asing

Sebanyak 100 pulau di Kepulauan Widi di Maluku Utara, Indonesia, dikabarkan akan dilelang oleh perusahaan Sotheby di New York mulai 8 sampai 14 Desember 2022.

Diketahui, dalam proses pelelangan ini penawar diminta untuk memberikan deposit sebesar 100 ribu dolar AS untuk membuktikan bahwa mereka serius membeli pulau ini. Meski begitu, diakhir hanya ada satu miliarder beruntung yang dapat memiliki kesempatan eksklusif mengelola lebih dari 100 pulau.

Atas hal ini, banyak pihak yang meminta pemerintah Indonesia untuk menyelidiki penjualan tersebut. Pasalnya, meski jadi milik pribadi hal ini akan berdampak pada masyarakat setempat secara sosial dan ekonomi.

Sementara, menurut Charlie Smith selaku Wakil Presiden Eksekutif Sotheby, lelang dan kepemilikan ini nggak akan mengganggu kelestarian alam yang ada. Mereka mengklaim hanya menyentuh kawasan itu kurang dari satu persen dari hutan hujan dan seluruh wilayah area yang dilarang untuk turis.

Sebagai informasi, Kepulauan Widi berada di zona perlindungan laut di kawasan ‘Segitiga Karang’ di Indonesia timur. Kawasan seluas 10 ribu hektar ini memiliki terumbu karang, hutan bakau, dan sekitar 150 kilometer tepi pantai.

Source Photo from halmaheraselatan.kab.go.id

Total
0
Shares
Previous Article

Akibat Tawuran, Pelajar di Jakarta Barat Akan Dikirim ke Pesantren

Next Article

Korea Utara Memaksa Warga Mengganti Nama Anaknya Agar Lebih Ideologis dan Revolusioner

Related Posts