Kenapa Kita Menyukai Orang yang Tak Bisa Kita Miliki dan Malah Tak Bisa Menyukai Orang yang Mencintai Kita?

“We fall in love with people we can’t have.” Relate enggak sama quotes di atas yang artinya “kita jatuh cinta dengan orang yang enggak bisa kita miliki”?

Ironisnya, saat kita tahu cinta kita bertepuk sebelah tangan, kita justru semakin merasa tertarik dan ingin memiliki orang tersebut. Enggak jarang juga, kita jadi menolak orang yang jelas-jelas suka sama kita karena perasaan kita tertuju pada orang yang enggak suka sama kita.

Tapi, kenapa ya banyak orang yang jatuh cinta dengan orang yang enggak bisa dimilikinya? Melansir dari psychcentral.com, beberapa penelitian tentang hubungan menemukan bahwa mendapat penolakan dari orang yang disukai dapat menstimulasi otak yang terasosiasi dengan motivasi, reward, adiksi, dan keinginan. Karena itu, penolakan dapat membuat orang jadi mendambakan pihak yang menolaknya dan merasa tertantang untuk mengejarnya.

Selain itu, tanpa disadari mengejar orang yang enggak bisa dimiliki juga menjadi cara kita untuk memuaskan ego. Kita akan merasa puas dan bangga kalau berhasil meraih apa yang kita inginkan. Apalagi, kalau kita percaya value dan kepercayaan diri kita bisa meningkat bila diterima orang yang kita sukai.

Alasan lainnya, kita enggak merasa tertantang dan mudah jenuh dengan sesuatu yang sudah pasti. Itu juga jadi salah satu alasan kenapa kita malah tidak menyukai orang yang sudah jelas-jelas suka sama kita.

Bisa jadi juga kita tidak menyukai orang yang suka sama kita karena belum memberinya kesempatan untuk mengenalnya secara lebih dalam. Sebelum benar-benar menolaknya, coba deh berikan waktu dan kesempatan untuk saling mengenal. Siapa tau dia masih malu-malu di awal, jadi kharismanya belum keluar.

Lalu, kalau cinta selalu bertepuk sebelah tangan, bagaimana kita mendapatkan pasangan? Tenang saja My Muse, Mimin percaya kalau yang namanya jodoh pasti enggak ke mana dan hati kedua belah pihak pasti akan dibuka. Kalau cintamu masih bertepuk sebelah tangan atau kamu belum bisa menerima orang yang suka sama kamu, mungkin memang dia bukan jodohmu.

Photo: Cuplikan film Crazy Little Thing Called Love

Total
0
Shares
Previous Article

Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna MiChat Terbanyak di Dunia

Next Article

Tetap Bekerja Meski Tubuh Sedang Sakit, Kebiasaan Buruk atau Tuntutan Menjadi Dewasa?

Related Posts