Kenapa Ada Orang Lain yang Lebih Bahagia dari Kita?

Namanya juga hidup, pasti ada aja naik dan turunnya. Tapi, meskipun ada rintangan dan halangan masih ada aja orang yang hidupnya lebih bahagia dibanding kita. Kadang Mimin suka jadi penasaran, apakah ada resep khusus? Perbedaan mindset? Atau justru ada faktor lain?

Faktanya, perbedaan persepsi dalam menjalani hidup menjadi faktor utama perbedaan tingkat kebahagiaan seseorang. Pasalnya, setiap orang dilahirkan dengan berbagai kondisi karakteristik dan situasi yang berbeda.

Soalnya, ada loh orang yang dilahirkan dalam kondisi keluarga yang sempurna, pekerjaan yang layak, dan hal-hal menyenangkan lainnya namun lo tetap gak merasa bahagia karena merasa ada beberapa hal yang kurang.

Sementara, ada juga orang yang lahir dalam kondisi keluarga yang kurang baik, selalu harus berusaha lebih, namun ia tetap merasa bahagia karena hal itu adala bagian dari hidupnya. Artinya, seseorang mungkin memilki kecenderungan bawaan untuk melihat dunia dengan pandangan yang lebih positif atau pun sebaliknya.

Selain itu, faktor biologis juga berpengaruh. Misalnya, senyawa kimia dalam otak seperti serotonin, dopamin, dan endorfin, berperan dalam mengatur suasana hati dan perasaan kita. Karena, ketika kadar serotonin dan dopamin yang seimbang dalam tubuh kita, cenderung membuat kita lebih bagia dan lebih puas dengan hidup kita.

Ditambah, adanya pengaruh faktor lingkungan. Biasanya, kalo orang yang tumbuh di lingkungan yang menanamkan nilai-nilai positif dan penuh dukungan emosional, maka akan menghasilkan orang atau anak yang memancarkan aura bahagia. Hal tersebut tentunya jauh berbeda dibandingkan dengan orang yang tumbuh di lingkungan yang penuh dengan keributan dan dapat memancarkan mindset negatif.

Source Photo from Film/Joker

Total
0
Shares
Previous Article

Keren! Seniman Mural Asal Bali, Yessiow, Gelar Tur Dunia ke 5 Negara

Next Article

McDonald's Sarinah yang Legendaris Akan Buka Lagi?

Related Posts