KENALI KELEBIHAN DAN EFEK SAMPING PFIZER

Pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengatakan bahwa vaksin Pfizer akan didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengatakan bahwa vaksin Pfizer akan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Kemenkes pun telah mempersiapkan kebutuhan logistik untuk memastikan Pfizer terdistribusikan dengan aman.

“Saat ini Kementerian Kesehatan menyiapkan logistik yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19. Sesuai arahan pak Menteri, menyiapkan cold chain (sarana penyimpanan) -70 derajat celcius di seluruh provinsi di Indonesia,” kata Plt Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI, Arianti Anaya, seperti dilansir dari cnbcindonesia.com (24/8/2021).

Vaksin Pfizer akan datang secara bertahap ke Indonesia melalui berbagai jalur. Menurut Arianti, sebanyak 50 juta dosis vaksin yang dibeli melalui pembelian langsung akan datang secara bertahap hingga Desember 2021.

Adapun masyarakat yang dapat menerima vaksin Pfizer ialah mereka yang belum menerima vaksinasi Covid-19 apapun. Nah, buat kamu yang ingin menerima vaksin Pfizer, ada baiknya kamu ketahui dulu kelebihan dan efek samping dari vaksin ini.

Kelebihan Pfizer

Kelebihan utama Pfizer adalah tingkat efikasi atau nilai perlindungan terhadap Covid-19 yang cukup tinggi, yaitu 95 persen. Nilai ini diperoleh dari hasil uji klinis III yang telah dilakukan di beberapa negara.

Nilai efikasi Pfizer cukup tinggi bila dibandingkan dengan vaksin Sinovac yang sebesar 65,3 persen dan vaksin AstraZeneca yang memiliki nilai efikasi 70,4 persen. Nilai tersebut juga sedikit lebih tinggi dari nilai efikasi vaksin Moderna yang sebesar 94,5 persen.

Selain itu, sejumlah penelitian juga membuktikan Pfizer ampuh melawan varian Covid-19 yang terbilang baru. Vaksin ini dapat melawan varian Beta dengan efektivitas 75 persen. Selain itu, Pfizer juga memiliki efektivitas 89,5 persen untuk melawan varian Alpha pada 14 hari setelah suntikan dosis ke-dua.

Efek samping Pfizer

Sama seperti dengan vaksin Covid-19 lainnya, Pfizer juga memiliki beberapa efek samping. Walaupun begitu, sejumlah hasil uji klinis menunjukkan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi yang ditimbulkan Pfizer cenderung lebih ringan. Melansir dari kompas.com (16/7/2021), berikut beberapa efek samping dari Pfizer:

  • Nyeri, kemerahan, atau bengkak di tempat bekas suntikan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot atau nyeri sendi
  • Menggigil
  • Demam ringan
  • Mual 
  • Bengkak di kelenjar getah bening

Reaksi-reaksi tersebut dianggap biasa terjadi setelah imunisasi apapun. Reaksi ini merupakan respons normal dari tubuh saat ada benda asing yang masuk.

Jadi, jangan sampai efek samping ini membuat kamu enggan divaksin ya! Ingat, kelebihannya lebih banyak dibandingkan efek sampingnya. Lebih baik bersakit-sakit dahulu baru bersenang-senang kemudian, bukan?

Total
0
Shares
Previous Article

MESKIPUN KALAH, LORD ADI TETAP MENANG DI HATI PEMIRSA

Next Article

DIKELOLA MAPB, INDONESIA JADI NEGARA PERTAMA YANG TERAPKAN “COUNTRY FRANCHISE” EKSKLUSIF SUBWAY

Related Posts