KEMENHUB PERKETAT PINTU MASUK MELALUI TRANSPORTASI UDARA. SEPERTI APA ATURANNYA?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperketat pintu masuk melalui transportasi udara.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperketat pintu masuk melalui transportasi udara. Kebijakan ini menyusul munculnya viaran baru virus corona, Omicron, di Afrika Selatan dan beberapa negara tetangga. Pemerintah berupaya untuk mencegah varian Omicron masuk ke Indonesia dan muncul gelombang ketiga.

“Pengendalian dilakukan mulai penerbangan domestik antisipasi libur natal dan tahun baru, juga di penerbangan internasional mencegah masuknya varian baru omicron,” ucap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, seperti dikutip dari cnbcindonesia.com (6/12/2021).

Aturan pengetatan berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI), Warga Negara Asing (WNA), serta personel atau kru pesawat asing. Adapun yang termasuk kru pesawat ialah pilot, pramugari/pramugara, dan teknisi.

Secara lebih rinci, berikut isi aturan pengetatan yang tercantum dalam Surat Edaran Kemenhub Nomor 106 Tahun 2021 tentang Petunjuk Perjalanan Internasional yang merujuk pada addendum Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 23 Tahun 2021:

1. Menambah waktu karantina bagi WNI dan WNA ke Indonesia menjadi 10 hari dari sebelumnya hanya 7 hari, dengan riwayat perjalanan 14 hari terakhir di luar 11 negara, yakni Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia, dan Hong Kong.

2. Bagi personel udara pesawat asing, pengetatan dilakukan dengan mempersingkat syarat tes RT-PCR dari semula 7×24 jam menjadi 3×24 jam dan menambah ketentuan wajib tes RT-PCR pada saat kedatangan.

Lebih lanjut, Novie menjelaskan bahwa jumlah kedatangan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 4.000 orang. Pihaknya pun akan memperketat pengawasan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Total
0
Shares
Previous Article

DUKA SELEB INDONESIA UNTUK NOVIA WIDYASARI

Next Article

Vision+ Originals "Daur Hidup" Tuangkan 9 Cerita Tentang Manusia

Related Posts