KECERDASAN EMOSIONAL: PENGERTIAN DAN CARA MENINGKATKANNYA

Kecerdasan tidak selalu berkaitan dengan intelektual, tetapi juga dapat berhubungan dengan emosional.

Kecerdasan tidak selalu berkaitan dengan intelektual, tetapi juga dapat berhubungan dengan emosional. Kecerdasan emosional atau yang biasa disebut Emotional Quotients (EQ) adalah kemampuan seseorang dalam menerima, mengelola, dan mengontrol emosinya. Orang dengan EQ tinggi bisa melakukan komunikasi dan menjalin hubungan dengan baik.

Perbedaannya dengan Intelligence Quotient (IQ), EQ bukan bawaan dari lahir. EQ bisa dilatih dan ditumbuhkan sejak usia dini. Sampai berusia dewasa pun kamu masih tetap bisa mengasah EQ kamu agar jadi lebih baik lagi.

Kamu ingin meningkatkan kecerdasan emosionalmu? Simak cara-cara yang kami lansir dari idntimes.com (7/10/2021), berikut ini yuk!

Belajar mengatur emosi negatif

Emosi negatif dapat menghambat kamu dalam membuat keputusan secara bijak. Sebab, saat memiliki emosi negatif biasanya kamu akan kesulitan untuk berpikir jernih dan lebih terbawa perasaan. Karena itu, sebaiknya kamu belajar cara mengelola emosi negatif agar dapat tetap bisa berpikir jenih meski sedang tidak mood. Salah satu cara untuk mengatur emosi negatif adalah dengan membiasakan diri melihat segala sesuatu secara positif, termasuk terhadap hal yang kurang kamu sukai.

Ekspresikan perasaan

Memendam perasaan terlalu lama bisa membawa pengaruh kurang baik terhadap konidisi emosionalmu. Tak jarang, emosi yang dipendam terlalu lama tiba-tiba ‘meledak’ ketika sudah tak tertahankan lagi. Daripada menunggu sampai emosi itu meledak, sebaiknya ekspresikan emosi itu setiap kali kamu merasakannya. Baik itu emosi positif maupun negatif, ekspresikan perasaanmu kepada orang-orang terdekat. Walaupun begitu, kamu juga tetap harus memperhatikan situasi sekitar dan emosi lawan bicaramu sebelum kamu bercerita ya.

Bersikap proaktif

Jangan mudah terpancing emosi negatif ketika menghadapi orang yang menyebalkan. Sebelum memberikan respons, pikirkan dulu apakah tindakanmu akan membawa konsekuensi negatif atau tidak. Dengan begitu, kamu akan bisa bertindak dengan lebih bijak dan tepat sasaran.

Melatih kecerdasan emosional memang membutuhkan waktu dan proses. Asal konsisten, kemampuan pasti EQ kamu akan semakin kok. Jadi, jangan patah semangat ya!

Total
0
Shares
Previous Article

CARA MANFAATKAN PONSEL PINTARMU SEBAGAI PENGHASIL UANG

Next Article

HATI-HATI, 3 KEBIASAAN INI BISA MEMBUATMU TERJEBAK UTANG!

Related Posts