Kata Studi, Berantem Sama Pacar Bikin Umur Lebih Panjang

Dalam hubungan percintaan, nggak melulu setiap harinya berjalan dengan mulus. Sebab, pasti ada saja suatu hal yang menyebabkan pertengkaran terjadi. Entah karena adanya kesalahpahaman, perbedaan pendapat, hingga melakukan kesalahan yang fatal.

Meski bertengkar dengan pasangan dianggap sebagai suatu hal yang negatif, namun nyatanya hal ini juga memiliki manfaat. Melansir dari Brightside, terdapat sebuah studi yang menyatakan kalau bertengkar dengan pasangan dapat membuat usia lebih panjang.

Terlihat seperti nggak masuk akal, namun memang nyata adanya. Studi ini dilakukan terhadap 192 pasangan suami istri yang telah menikah selama 32 tahun. Tujuannya, untuk mengetahui apakah perilaku pasangan mereka memengaruhi kesejahteraan hidup mereka. Setiap pasangan akan diberi pertanyaan tentang konflik dalam kehidupan keluarga mereka serta cara menghadapinya.

Dari pertanyaan tersebut, ada yang menjawab kalau mereka lebih memilih untuk melampiaskan emosinya secara keseluruhan. Namun, ada pula yang merasa untuk diam dan memendam emosinya.

Dari jawaban itu, studi menyimpulkan kalau meluapkan emosi dengan melakukan dialog yang berapi-api di mana masing-masing pasangan berbicara tentang rasa sakit dan keraguan mereka. Sebab, apabila emosi tersebut tak dikeluarkan dapat menyebabkan stres terus menerus, meningkatkan ketegangan dalam hubungan, gangguan irama jantung, insomnia, hingga hipertensi.

Ada baiknya, ketika ada sesuatu yang membuat lo emosi terhadap pasangan nggak ada salahnya untuk lo komunikasikan. Gak masalah kok kalau sampai berapi-api, yang penting nggak dipendam aja.

Source Photo from Movie/Marriage Story

Total
0
Shares
Previous Article

Nenek 76 Tahun dan Suaminya yang Berusia 19 Tahun Menantikan Kelahiran Anak Pertama

Next Article

Ratusan Anak di Bantul Kena TBC

Related Posts