JURUS ANTI KALAH SAAT ARGUMEN

Saat berkomunikasi dengan orang lain, perbedaan pendapat dan sudut pandang sering kali tak bisa terhindarkan.

Saat berkomunikasi dengan orang lain, perbedaan pendapat dan sudut pandang sering kali tak bisa terhindarkan. Argumentasi atau debat pun kerap terjadi untuk mempertahankan pendapat masing-masing sekaligus mempengaruhi lawan bicara untuk menerima pendapat kita. Apakah kamu pernah mengalami situasi yang sama?

Ternyata, ada beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk memenangkan argumen, lho. Berikut beberapa jurusnya. Simak, yuk!

Dukung pendapat dengan data

Argumentasimu akan jauh lebih kuat dan meyakinkan kalau didukung dengan fakta dan data. Melansir dari liputan6.com (21/7/2017), dukungan-dukungan data seperti grafik dan angka sangat berpengaruh dalam memberikan kekuatan persuasif. Selain itu, kamu juga bisa mendukung argumenmu dengan artikel berita atau jurnal yang pernah kamu baca.

Bersikap tenang dan yakin

Meskipun kamu yakin pendapatmu benar, usahakan untuk tetap tenang saat menyampaikan argumen. Kalau kamu terbawa emosi, takutnya alur berpikirmu jadi berantakan dan kamu juga jadi tidak peka dengan kelemahan argumen lawan bicaramu.

Meskipun kamu bersikap tenang dan saat berargumen, tetap tunjukkan kepercayaan diri kalau kamu yakin dengan pendapatmu. Sebuah studi pada 2013, seperti dilansir dari liputan6.com, mendapati bahwa orang akan mendengarkan pendapat orang lain yang bersikap meyakinkan.

Susun alur pikir

Sebelum menyampaikan pendapat, susun dulu alur pikirmu hingga tersusun rapi dan logis. Hal ini akan tercermin dari isi pembicaraanmu yang to the point dan mudah dimengerti. Melansir dari idntimes.com (14/10/2021), lawan bicaramu akan mudah memanfaatkan celah untuk mematahkan argumentasimu bila pendapatmu terdengar kurang logis dan berbelit-belit.

Ketiga cara di atas bisa kamu coba terapkan saat hendak berargumen dengan seseorang. Namun yang perlu diingat, usahakan untuk tetap terbuka dan menghormati pendapat lawan bicaramu. Jangan sampai perbedaan pendapat membuatmu bertengkar dengan orang lain ya!

Total
0
Shares
Previous Article

PENGGUNA APLIKASI E-COMMERCE ANDROID DI INDONESIA JADI TERBANYAK KE-3 DI DUNIA

Next Article

GESITS, MOTOR LISTRIK BUATAN DALAM NEGERI YANG BERHASIL DIPASARKAN HINGGA KE SENEGAL

Related Posts