JOKOWI PERTANYAKAN KEBIASAAN SOWAN PEMIMPIN KEPOLISIAN KE ORMAS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan sikap sejumlah Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) yang sowan atau melakukan kunjungan ke pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang dikenal kerap terlibat keributan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan sikap sejumlah Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) yang sowan atau melakukan kunjungan ke pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang dikenal kerap terlibat keributan. Kebiasaan itu kerap dilakukan sejumlah Kapolda dan Kapolres yang baru dilantik.

“Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Benar ini?” tanya Jokowi kepada peserta acara dalam kegiatan pemberian arahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, seperti dikutip dari cnnindonesia.com (3/12/2021).

Jokowi pun mengaku pernah mempertanyakan hal tersebut kepada salah satu Kapolres.

“Saya tanya ke kapolres. Kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara itu betul? Hati-hati, jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan,” ucapnya, seperti dapat disaksikan di video yang diunggah Sekretariat Presiden di YouTube. Namun, pertanyaan-pertanyaan Jokowi tersebut tidak mendapatkan respons dari para peserta. Jokowi pun melanjutkan arahannya dengan memberikan pesan kepada para polisi agar dapat senantiasa melindungi dan membantu masyarakat yang lemah, membutuhkan, serta sering terpinggirkan dalam hukum.

Total
0
Shares
Previous Article

TIKTOK KEMBALI HADIRKAN FITUR Q&A UNTUK PARA KREATOR

Next Article

APAKAH PENYANDANG TUNARUNGU BISA BERBICARA?

Related Posts