INDONESIA KEKURANGAN 3000 ORANG DOKTER DAN 20.000 PERAWAT UNTUK MENGATASI LONJAKAN COVID-19

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, menyatakan terus meningkatnya kasus COVID-19 menyebabkan kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) juga ikut meningkat.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, menyatakan terus meningkatnya kasus COVID-19 menyebabkan kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) juga ikut meningkat.

Budi pun menjabarkan berapa jumlah tenaga kesehatan yang dibutuhkan. Ia mengumumkan dibutuhkannya 20 ribu tambahan perawat.

“Kita juga memerlukan tambahan dari perawat dan juga dokter. Kita sudah mengidentifikasi ada kebutuhan antara 16 sampai 20 ribu perawat,” ucap Budi, Senin (12/7).

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pemerintah akan mengerahkan calon perawat yang sudah lulus uji kompetensi dan masih di tingkat akhir. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.

“Kita sudah mempersiapkan dan mengidentifikasi tenaga-tenaga perawat yang sudah lulus sekolahnya, sudah lulus juga uji kompetensinya dan masih di tingkat akhir. Atas instruksi Bapak Presiden nanti kami akan bicara dengan Bapak Menteri Pendidikan bagaimana bisa menggerakkan perawat-perawat ini lebih cepat masuk ke praktik,” jelas Budi.

Sementara untuk tenaga dokter, Budi mengatakan perlu penambahan sekitar 3.000 dokter. Untuk memenuhi kebutuhan ini, pemerintah akan mengerahkan calon dokter yang akan menyelesaikan masa magangnya tahun ini.

“Mengenai dokter kita juga melihat ada gap sekitar 3.000-an dokter yang harus kita penuhi dengan penambahan kasus ini. Kita juga melihat bahwa dokter-dokter yang akan selesai internship di tahun ini ada sekitar 3.900 jadi kita juga sudah mempersiapkan dokter-dokter tersebut yang baru lulus internship untuk segera masuk,” tutur Budi.

sumber : cnn indonesia

Total
0
Shares
Previous Article

POLISI BERHASIL GREBEK TEMPAT PENIMBUNAN OBAT COVID-19 DI KOMPLEK KALIDERES

Next Article

PENYEBAR VIDEO SYUR GISEL, PP DAN MN DIVONIS HUKUMAN 9 BULAN PENJARA

Related Posts