INDONESIA CANANGKAN ENDEMI COVID-19, APA INDIKATORNYA?

Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah sedang melakukan persiapan untuk menghadapi kondisi bila pandemi Covid-19 berubah jadi endemi.

Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah sedang melakukan persiapan untuk menghadapi kondisi bila pandemi Covid-19 berubah jadi endemi. Sebagai informasi, endemi adalah penyakit yang menyerang area yang lebih kecil daripada pandemi. Misalnya, satu negara atau benua saja.

“Kami mungkin melihat 2022 adalah suatu masa di mana pandemi akan menjadi endemi. Jadi sekarang disiapkan langkah-langkah bagaimana Indonesia melakukan adjustment terhadap pandemi menjadi endemi,” ucap Sri, seperti dikutip dari cnnindonesia.com (16/8/2021).

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, pandemi akan menjadi endemi bila situasi sudah dapat terkendali.

Transisi pandemi menjadi endemi pun memiliki beberapa indikator tertentu. Melansir dari kompas.com (22/8/2021), salah satu dari indikatornya adalah meningkatnya kekebalan tubuh masyarakat terhadap virus corona.

Indikator lainnya ialah menurunnya angka infeksi alamiah, sehingga dapat menurunkan jumlah pasien yang dirawat dan angka kematian Covid-19. Guna mencapai indikator ini, instrumen pengendalian Covid-19 yang efektif pun perlu diterapkan.

Karena itu, yuk sama-sama rajin patuh mematuhi protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, memakai maskter, dan membatasi mobilitas) agar pandemi bisa segera berubah jadi endemi.

Total
0
Shares
Previous Article

TRANSAKSI INDONESIA – CHINA KINI RESMI PAKAI RUPIAH DAN YUAN

Next Article

PEMERINTAH UJI COBA BUKA 20 TEMPAT WISATA

Related Posts