ILMUWAN AFRIKA SELATAN DETEKSI VARIAN BARU COVID-19 YANG LEBIH MENULAR

Ilmuwan Afrika Selatan mendeteksi varian baru Covid-19 yang disebut B.1.1.529. Melansir dari kontan.co.id (25/11/2021), para ilmuwan

Ilmuwan Afrika Selatan mendeteksi varian baru Covid-19 yang disebut B.1.1.529. Melansir dari kontan.co.id (25/11/2021), para ilmuwan menilai varian ini memiliki konstelasi yang sangat tidak biasa dari mutasi yang memprihatinkan.

Menurut para ilmuwan, varian B.1.1529 memiliki 32 mutasi pada protein lonjakan, yaitu bagian dari virus yang digunakan sebagian besar vaksin untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan Covid-19. Mutasi membuat varian baru ini bisa menghindari respons imun tubuh, sehingga lebih menular.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pun meningkatkan status varian ini menjadi Virus of Concern (VoC) atau virus yang diwaspadai. Seperti dilansir dari kompas.com (25/8/2021), VoC merupakan istilah yang menggambarkan virus corona yang menyebabkan peningkatan penularan dan kematian. Varian yang masuk kategori ini juga bisa mempengaruhi efektivitas vaksin.

Selain itu, varian B.1.1.529 juga menjadi Varian of Interest (VoI). Menurut WHO, karakteristik dari varian di kategori ini ialah menjadi penyebab munculnya klaster Covid-19. Sebab, varian ini memiliki kemampuan genetik untuk memengaruhi karakteristik virus. Misalnya, memengaruhi tingkat keparahan penyakit, pelepasan kekebalan, penularan, dan kemampuan menghindari pengobatan.

Sejauh ini, ilmuwan Afrika Selatan telah mengonfirmasikan 100 spesimen sebagai varian B.1.1529. Penyebaran varian ini meningkat pesat di Provinsi Gauteng di Afrika Selatan. Para ilmuwan meyakini 90 kasus baru di Gauteng disebabkan oleh B.1.1529.

Lebih lanjut, varian tersebut juga ditemukan di delapan provinsi di Afrika Selatan, Botswana, dan Hong Kong. Wah, jangan sampai varian ini sampai ke Indonesia ya!

(Written by: Cahyu CA)

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article

PEMERINTAH IZINKAN TEMPAT WISATA BEROPERASI SELAMA LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU

Next Article

SERING BINGUNG KENAPA DI-GHOSTING COWOK? BISA JADI INI ALASANNYA!

Related Posts