“Hokkaido Shimbun”, Koran asal Jepang yang Dibuat dari Rumput Laut dan Bisa Dimakan

Jepang memang terkenal sebagai negara yang penuh dengan inovasi-inovasi yang unik. Bahkan, sebagian wilayah memiliki cara unik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk-produk andalan mereka.

Sebut saja wilayah Hokkaido. Banyak masyarakat Jepang yang gak sadar kalau wilayah tersebut merupakan penghasil rumput laut hitam alias kombu terbesar di sana.

Maka dari itu, mereka membuat sebuah produk bernama “Hokkaido Shimbun”, yang merupakan koran dengan bahan dasar kombu. Nggak hanya itu, surat kabar ini juga dicetak dengan tinta yang dapat dimakan. “Hokkaido Shimbun” terbit setiap tahunnya di tanggal 15 November yang merupakan Hari Kombu. Makanya, surat kabar ini hanya dicetak sebanyak 100 eksemplar.

Artikel yang dimuat di surat kabar itu juga berisi tentang informasi menarik soal kombu. Seperti asal-muasal kombu serta manfaat kombu.

Setelah koran itu dibaca, “Hokkaido Shimbun” merekomendasikan untuk merendam korannya dalam satu liter air selama 10 jam. Pembaca kemudian dapat menggunakan kaldu dari rendaman itu untuk memasak, membuat sup, atau langsung diminum.

Namun, alih-alih mengonsumsinya, masyarakat setempat lebih memilih untuk mengawetkan surat kabar tersebut.

Source Photo from SoraNews24

Total
0
Shares
Previous Article

Diduga Dilanda Suhu Dingin, Akuarium Raksasa di Berlin Pecah

Next Article

Christine Hakim Berperan Jadi Ilmuwan dalam Serial Original HBO ‘The Last of Us’

Related Posts