Hilangkan Rasa Malas Ala Jepang dengan Prinsip ‘Kaizen’

Akhir pekan memang waktu yang paling tepat untuk bermalas-malasan. Akan tetapi, jangan sampai rutinitas lo jadi terganggu. Apalagi, jika keesokan harinya lo harus kembali beraktivitas.

Jepang sendiri terkenal sebagai negara yang disiplin dan produktif. Pasalnya, sejak usia dini masyarakat Jepang sudah terlatih untuk melatih rasa tanggung jawab serta disiplin yang tinggi. Negara ini juga memiliki cara untuk mengatasi rasa malas yang dapat lo tiru.

Biasanya, mereka diusahakan untuk menerapkan rutinitas keseharian mereka yang positif secara berulang. Rutinitas tersebut akhirnya dijadikan kebiasaan hingga mereka dewasa.

Prinsip itu dinamai Kaizen, yang berasal dari dua suku kata, yaitu Kai yang berarti ‘perubahan’. Sementara, Zen artinya ‘kebijaksanaan’. Prinsip ini pertama kali ditemukan oleh ahli dari teori organisasi serta Konsultan Manajemen Jepang bernama Masaaki Imai. Secara filosofi, Kaizen merupakan prinsip atau seni untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik yang dilakukan secara perlahan.

Adapun, cara untuk melakukan prinsip Kaizen ini terbilang cukup unik. Lo bisa melakukan salah satu kegiatan yang ingin ditekuni selama satu menit.

Contohnya, ketika lo ingin membaca suatu buku, lo bisa mencobanya dengan membaca selama satu menit dahulu dan dilakukan kembali esok hari. Akan tetapi, saat lo melakukan sesuatu lo harus fokus dan sungguh-sungguh tanpa adanya distraksi.

Mungkin untuk sebagian orang, cara ini kurang efektif. Apalagi setelah mengetahui bagaimana cara penerapannya yang hanya memerlukan waktu satu menit. Masalahnya, sebagian masyarakat Indonesia berpikir ‘jika ingin mendapat sesuatu yang besar, diperlukan usaha yang besar pula’.

Padahal, jika rutin dilakukan lo bisa menambah porsi waktu yang telah ditentukan sendiri. Misalnya, di awal lo hanya memulai selama satu menit, selanjutnya lo bisa memulai selama tiga, lima, atau bahkan 10 menit lebih.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa prinsip Kaizen adalah suatu hal yang baik untuk perkembangan diri kita. Hal ini sejalan dengan pemikiran sesuatu yang dimulai dari hal sederhana secara bertahap akan menjadi sesuatu yang besar.

Lo tertarik untuk mencoba prinsip Kaizen ini nggak, My Muse?

Source Photo from Muse Media/Nafyh

Total
0
Shares
Previous Article

Kata Studi, Nilai Mahasiswi Cantik Menurun Saat Kuliah Online

Next Article

Wall of Fades “The Biggest Denim Exhibition and Bazaar in Indonesia” 2022 Kembali Digelar Offline

Related Posts