HATI-HATI, INI AKIBAT DARI TERLALU ROYAL DENGAN TEMAN

Royalitas menjadi salah satu sifat yang biasa dicari dari seorang teman. Namun sama seperti banyak hal lainnya, bersikap royal secara berlebihan kepada teman juga kurang baik. Membantu teman boleh saja, asal jangan berlebihan.

Royalitas menjadi salah satu sifat yang biasa dicari dari seorang teman. Namun sama seperti banyak hal lainnya, bersikap royal secara berlebihan kepada teman juga kurang baik. Membantu teman boleh saja, asal jangan berlebihan.

Bahkan, terlalu royal kepada teman bisa menjadi bumerang terhadap diri sendiri. Melansir dari idntimes.com (30/9/2021), berikut beberapa akibat yang bisa kamu rasakan kalau bersikap terlalu royal kepada temanmu.

Mudah dimanfaatkan

Kalau kamu bersikap terlalu royal ke teman yang salah, kamu rentan dimanfaatkan oleh mereka. Bisa jadi mereka berteman denganmu ketika ada butuhnya saja. Risiko terburuknya adalah kamu menjadi korban penipuan dari temanmu yang ingin mencari untung. Contohnya, mereka meminjam uangmu tetapi tidak pernah mengembalikannya dan selalu berkelit ketika ditagih.

Kondisi finansial jadi kurang teratur

Jangan sampai sifat royalmu malah merugikan dirimu sendiri. Kalau sifat royalmu berlebihan dan selalu mementingkan kebutuhan orang lain dibandingkan kebutuhanmu sendiri, bisa-bisa malah kondisi finansialmu jadi kurang teratur dan kebutuhan pribadimu jadi terkorbankan. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan pokok pribadimu dulu sebelum membantu orang lain ya.

Ditinggalkan oleh teman yang tidak tulus

Poin ini masih ada kaitannya dengan poin pertama. Kalau kamu berteman dengan orang yang ingin memanfaatkanmu saja, bisa jadi mereka akan meninggalkanmu ketika kamu tidak bisa membantu mereka. Jangan bersedih hati, lebih baik kamu mempertahankan teman yang memang benar-benar tulus berteman denganmu.

Ketiga akibat tersebut bisa kamu rasakan kalau sering bersikap terlalu royal kepada teman. Namun, bukan berarti kamu harus pelit dan egois terhadap teman ya. Royal kepada teman sangat boleh dilakukan selama masih dalam batas wajar. Setuju?

(C. Cantika A.)

Total
0
Shares
Previous Article

PELAJARAN FINANSIAL YANG BISA KAMU PETIK DARI SQUID GAME

Next Article

PERJALANAN INDONESIA DI PIALA SUDIRMAN 2021 TERHENTI SETELAH KALAH DARI MALAYSIA 3-2

Related Posts