HATI-HATI, 3 KEBIASAAN INI BISA MEMBUATMU TERJEBAK UTANG!

Sekarang ini semakin banyak bermunculan cerita tentang orang yang kesulitan membayar utang di situs berita dan media sosial.

Sekarang ini semakin banyak bermunculan cerita tentang orang yang kesulitan membayar utang di situs berita dan media sosial. Kini, meminjam uang memang semakin mudah dengan bermunculannya layanan pinjaman online atau Paylater, serta tawaran cicilan kartu kredit yang menggiurkan.

Tanpa disadari, sering kali orang membuat utang karena jebakan kebiasaan sehari-hari yang terkesan sepele tapi sebenarnya merugikan. Nah, supaya kamu enggak mudah terlilit utang, sebaiknya kamu mengenali beberapa kebiasaan yang dapat menjebak kamu untuk berhutang.

Melansir dari idntimes.com (7/10/2021), paling enggak ada tiga kebiasaan yang bisa bikin kamu terlilit hutang. Apa saja?

Membayar kartu kredit dalam tagihan minimum

Saat menerima tagihan kartu kredit, sering kali orang fokus dengan tagihan minimum bukan tagihan keseluruhan. Jadi, mereka hanya membayar 10 persen dari total tagihan sebenarnya. Akibatnya, tagihan setiap bulan akan tetap banyak karena ada bunga yang harus dibayarkan. Utang kartu kredit pun tak kunjung lunas.

Jarang membawa uang tunai

Kemudahan melakukan transaksi elektronik di berbagai tempat membuat orang enggan membawa uang tunai. Padahal, penggunaan uang tunai lebih mudah dikontrol daripada uang elektronik. Sebab, uang tunai lebih terlihat batas sisanya. Sebaliknya, uang elektronik terkadang tak terlihat batas sisanya sehingga orang mudah lupa diri dalam menggunakannya. Jadi, kalau kamu mau menjaga diri dari lilitan utang, ada baiknya kamu mulai rajin menggunakan uang tunai lagi.

Termakan gengsi

Gengsi merupakan musuh diri paling utama bila menyangkut utang. Tak jarang orang berhutang dalam jumlah besar demi memuaskan gengsi semata. Misalnya, membeli ponsel model terbaru hanya karena tak mau kalah dengan teman. Meskipun terkesan sulit, tetapi sebenarnya gengsi ini bisa kamu kendalikan agar tak sampai mengontrolmu. Sebelum berbelanja, coba pikirkan lagi dengan matang apakah kamu membutuhkan barang yang ingin kamu beli atau tidak.

Dengan menghindari tiga kebiasaan di atas, kamu akan bisa terhindar dari kemungkinan untuk terjerumus dalam lilitan utang. Jadi, jangan lupa untuk ubah kebiasaanmu ya!

Total
0
Shares
Previous Article

KECERDASAN EMOSIONAL: PENGERTIAN DAN CARA MENINGKATKANNYA

Next Article

INDONESIA URUTAN TERATAS PEMULIHAN COVID-19 SE-ASIA TENGGARA

Related Posts