HARGA KAPAS MELONJAK, SIAP-SIAP HARGA BAJU MAKIN MAHAL

Harga komoditas pertanian sedang melonjak tinggi. Kapas menjadi salah satu produk yang ikut mengalami lonjakan tinggi.

Harga komoditas pertanian sedang melonjak tinggi. Kapas menjadi salah satu produk yang ikut mengalami lonjakan tinggi.

Melansir dari cnbcindonesia.com (30/9/2021), harga kapas dunia saat ini adalah 1,04 dollar AS per pon. Harga ini melonjak tiga persen dari satu hari sebelumnya. Sejak akhir 2020, harga kapas telah naik 30,45 persen.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lonjakan harga tersebut. Pertama, gangguan hama serangga pink bollworm atau yang dikenal sebagai hama kapas di ladang kapas di Amerika Serikat (AS). Serangan hama ini telah menyebabkan gangguan panen.

Faktor selanjutnya adalah kenaikan permintaan impor dari beberapa negara ke Amerika Serikat. Kementerian Pertanian AS mencatat ekspor kapas pada musim 2020 – 2021 mencapai 16,4 juta bal, jumlah terbesar dalam 15 tahun terakhir. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengimpor kapas dari Negeri Paman Sam.

Kenaikan harga kapas tentu akan berdampak pada kenaikan harga produk turunannya, seperti benang dan kain. Itu artinya, harga pakaian pun akan ikut naik.

Indonesia yang masih mengimpor kapas dari Amerika Serikat juga sepertinya harus membayar biaya impor dengan harga yang jauh lebih mahal. Kenaikan harga impor ini kemungkinan besar akan dibebankan kepada harga jual produk berbahan dasar kapas. Jadi, sebaiknya kita mempersiapkan diri untuk membeli baju dan produk berbahan dasar kapas lainnya dengan harga lebih mahal.

Total
0
Shares
Previous Article

MANNY PACQUIAO PENSIUN DARI RING TINJU UNTUK FOKUS BERTARUNG DI ARENA PEMILIHAN PRESIDEN FILIPINA

Next Article

KENALAN SAMA SHARON FLORENCIA, WANITA MUDA YANG GANTIKAN ERICK THOHIR JADI MENTERI BUMN

Related Posts