HARAPAN BAMBANG SOESATYO UNTUK SEPAK BOLA INDONESIA

Ketua Majelis Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo, resmi diangkat menjadi Dewan Pembina klub bola AHHA PS Pati.

Ketua Majelis Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo, resmi diangkat menjadi Dewan Pembina klub bola AHHA PS Pati. Di saat bersamaat, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna juga diangkat sebagai Dewan Kehormatan dan Ustaz Gus Miftah sebagai Dewan Penasehat AHHA PS Pati.

Bamsoet, panggilan akrab Bambang Soesatyo, memiliki beberapa harapan terkait dunia sepak bola Indonesia. Salah satunya, ia berharap prestasi sepak bola Indonesia serta perekonomian daerah dan nasional dapat meningkat lagi menyusul mulai digelarnya Liga 1 dan 2 dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Selama tak ada pertandingan olahraga pada masa pandemi Covid-19, negara telah mencatat kerugian ekonomi yang cukup besar. Melansir dari tempo.co (24/9/2021), Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai sponsor utama Liga 1 memperkirakan kerugian ekonomi yang disebabkan berhentinya pertandingan sepak bola mencapai Rp 2,7 – 3 triliun.

Harapan Bamsoet lainnya adalah menjadikan olahraga sebagai sebuah industri. Menurutnya, Indonesia bisa mencontoh Swiss yang menjadikan olahraga sebagai industri. Pendapatan negara Swiss mencapai 22,8 miliar dolar AS per tahun, menyerap 2,4 persen dari seluruh pasar tenaga kerja, dan menciptakan sekitar 11 ribu lapangan kerja baru dalam kurun waktu 12 tahun.

“Menjadikan olahraga sebagai industri merupakan keniscayaan. Kehadiran anak-anak muda terlibat dalam industri olahraga, seperti yang dilakukan Atta Halilintar bersama Putra Siregar yang mengakuisisi klub sepakbola Liga 2 PSG Pati, yang berganti nama menjadi AHHA PS Pati FC, patut didukung,” kata Bamsoet.

Ia menambahkan, pertumbuhan industri olahraga dapat didukung dengan perkembangan internet dan teknologi digital. Internet dan teknologi digital juga dapat memaksimalkan penjualan merchandise AHHA PS Pati melalui marketplace. Selain itu, digitalisasi juga bisa membantu membangun komunikasi dan merekatkan ikatan persatuan antar suporter.

Sukses terus sepak bola Indonesia!

Total
0
Shares
Previous Article

MENKO LUHUT INGIN APLIKASI PEDULILINDUNGI JADI ALAT PEMBAYARAN DIGITAL

Next Article

SYARAT PEMERINTAH UNTUK PENYELENGGARA ACARA SKALA BESAR

Related Posts