HADIRI COP26 SKOTLANDIA, RIDWAN KAMIL PAMERKAN SUNGAI CITARUM KINI TAK LAGI JADI SUNGAI TERKOTOR DI DUNIA

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tampil memberikan presentasi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 yang berlangsung di Venue Indonesia Pavilion at COP26-UNFCCC, Glasgow, Skotlandia pada Selasa (2/11/2021).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, tampil memberikan presentasi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 yang berlangsung di Venue Indonesia Pavilion at COP26-UNFCCC, Glasgow, Skotlandia pada Selasa (2/11/2021). Dirinya akan menjadi salah satu panelis dalam forum dialog “Panel Dialogue: Scaling Up Governance and Collaborative Actions In Combinating Marine Plastic Litter Towards Climate Actions In Indonesia”.

Dalam presentasinya, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut akan memamerkan tentang perkembangan Sungai Citarum yang kini tak lagi menjadi sungai terkotor di dunia. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Prima Mayaningtias, menjelaskan bahwa Kang Emil akan membawakan presentasi dengan topik “Implementasi Pengelolaan Sampah Plastik Laut dan Sampah Terpadu, Melalui Pendekatan Terpadu dari Hulu ke Hilir: Pembelajaran dari Program Restorasi Sungai Citarum.” 

“Pak Gubernur akan memaparkan hal itu setelah sebelumnya Pak Menko Marves (Luhut Binsar Pandjaitan) menyampaikan tentang Kemajuan Implementasi Rencana Aksi Nasional Pengurangan Sampah Plastik Laut dan aksi kolaboratif dengan durasi yang diberikan itu selama 15 menit,” ucapnya, seperti dikutip dari idxchannel.com (2/11/2021). 

Presentasi Kang Emil dan Luhut akan disaksikan oleh petinggi-petinggi dunia lainnya. Dengan begitu, dunia akan melihat bagaimana Indonesia mampu menunjukkan komitmen penurunan emisi gas CO2 melalui program Citarum Harum di Jawa Barat.

Citarum Harum merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk memulihkan kondisi sungai terpanjang di Jawa Barat tersebut. Di bawah koordinasi Kang Emil sebagai Ketua Satgas Citarum Harum, program ini mampu meningkatkan kualitas air sungai dari cemar berat menjadi cemar ringan dalam waktu tiga tahun. Sungai Citarum pun akhirnya lepas dari predikat sungai terkotor di dunia.

Total
0
Shares
Previous Article

TIM ESPORTS GUNADARMA, TERBAIK DIANTARA 293 KAMPUS SE-INDONESIA DALAM FCL 2021

Next Article

QRIS TELAH TERBUKTI MEMILIKI BERAGAM MANFAAT. APA SAJA?

Related Posts