GOJEK-TOKOPEDIA DIGUGAT RP 2 TRILIUN USAI DITUDING PLAGIAT MEREK “GOTO” MILIK PERUSAHAAN FINTECH

Masyarakat mengenal GoTo sebagai merek hasil merger antara Gojek dan Tokopedia.

Masyarakat mengenal GoTo sebagai merek hasil merger antara Gojek dan Tokopedia. Namun, baru-baru ini sebuah perusahaan bernama PT Terbit Financial Techonology mengeluarkan pernyataan bahwa mereka telah lebih dulu memiliki merek produk bernama GOTO.

Alhasil, perusahaan fintech ini menggugat Gojek – Tokopedia sebesar Rp 2,08 triliun dengan tudingan plagiarisme dan pelanggaran hal atas merek. Secara lebih rinci, penggugat meminta majelis hakim mengenakan sanksi terhadap Gojek – Tokopedia dengan membayar ganti rugi materiel Rp 1,83 triliun dan imateriel Rp 250 miliar.

Penggugat juga meminta majelis hakim menghukum Gojek dan Tokopedia untuk menghentikan penggunaan merek GoTo dan segala variasinya. Tergugat juga diminta untuk membayar uang Rp 1 miliar untuk setiap hari keterlambatan melaksanakan putusan.

Melansir dari detik.com (8/11/2021), gugatan telah mereka ajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat per 2 November 2021. Dalam petitum gugatan disebutkan merek GOTO telah lebih dulu terdaftar pada Dirjen Kekayaan Intelektual Kemkumham dengan nomor IDM000858218 atas nama PT Terbit Financial Technology. Itu artinya, merek GoTo milik Gojek – Tokopedia telah melanggar hak atas merek.

Corporate Affairs GoTo, Astrid Kusumawardhani, mengatakan bahwa pihaknya telah mengetahui tentang gugatan tersebut. Pihaknya menghormati proses yang tengah berjalan.

Sebagai informasi, terdapat perbedaan penulisan dan desain logo antara merek yang dimiliki kedua perusahaan tersebut. Merek “GOTO” milik PT Terbit Financial Techonology ditulis secara kapital semua hurufnya. Dari sisi desain, logonya berbentuk tulisan GOTO berwana hijau pucat dengan aksen garis putih di tengah. Selain itu, ada tambahan gambar ujung anak panah berwarna merah di tengah-tengah huruf “O” yang ke-dua.

Adapun penulisan merek “GoTo” milik Gojek dan Tokopedia hanya huruf “G” dan “T-nya saja yang dibuat kapital. Desain logonya dibuat dengan tulisan kecil semua berwarna hijau stabilo. Lalu, huruf “t” dan “o” dibuat saling menyambung.

Total
0
Shares
Previous Article

2 PENGUSAHA INDONESIA MASUK DAFTAR PEBISNIS WANITA PALING BERPENGARUH DI ASIA 2021

Next Article

BPOM UNGKAP ADA 4 VAKSIN COVID-19 BERPOTENSI DIPRODUKSI DI INDONESIA MULAI 2022

Related Posts
Read More

BANGGA, INDONESIA DINOBATKAN JADI NEGARA TERINDAH DI DUNIA

Survei yang dilakukan oleh situs asal Inggris, money.co.uk, menobatkan Indonesia sebagai negara terindah di dunia. Melansir dari okezone.com (13/2/2022), dalam membuat survei ini, para peneliti menghitung jumlah gunung berapi, barisan pegunungan, terumbu karang, dan kawasan lindung di setiap negara.