GLETSER KIAMAT TERUS MENCAIR: BUMI DIAMBANG KEHANCURAN

Gletser Thwaites di Antartika merupakan gletser terbesar di bumi. Panjangnya sekitar 120 km dan kedalamannya mencapai 800 – 1.200 meter.

Gletser Thwaites di Antartika merupakan gletser terbesar di bumi. Panjangnya sekitar 120 km dan kedalamannya mencapai 800 – 1.200 meter.

Melansir dari detik.com (15/12/2021), Thwaites mendapat julukan gletser Kiamat dari para ilmuwan karena keruntuhan gletser Thwaites mampu memicu reaksi keruntuhan berantai di Antartika. Selain itu, total pencairan esnya akan menaikkan permukaan air laut global sekitar 60 cm. Saat ini, es gletser Thwaites yang sudah mencair telah memicu sekitar empat persen kenaikan permukaan laut tahunan.

Sejak 2000, gletser Thwaites telah kehilangan sekitar 1.000 miliar ton es. Beberapa tahun belakangan ini, seperti dilansir dari viva.co.id (16/12/2021), gletser ini membuang lebih kurang 50 miliar metrik ton es ke laut setiap tahunnya. Kondisi ini bisa semakin parah bila tak ada solusi dari pemanasan global.

Jika permukaan laut terus naik, maka banjir di wilayah pesisir, kerusakan properti dan infrastruktur, serta badai yang lebih parah pun dapat terjadi. Karena itu, para ilmuwan kini tengah aktif menyelidiki gletser Thwaites sebagai bagian dari program studi mereka.

Para ilmuwan mengklaim bahwa gletser Kiamat telah merespons pemanasan global dengan cepat. Bahkan, mereka berpendapat bahwa pemanasan global bisa menyebabkan bagian terapung di depan gletser Thwaites bisa hancur seperti kaca depan mobil di masa mendatang.

Apabila pemanasan global dan pencairan gletser Kiamat tak segera dihentikan, maka permukaan laut global akan naik secara drastis dan kota-kota yang berada di pesisir akan tenggelam. Kota-kota tersebut dan Bumi secara keseluruhan pun terancam mengalami ‘kiamat’ dan berada di ambang kehancuran.

Yuk, kita cegah Bumi dari kehancuran dengan menjalani perilaku ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari!

Total
0
Shares
Previous Article

TAKUT MASUK NERAKA, KORUPTOR BAWA UANG DALAM PETI MATI UNTUK SUAP TUHAN

Next Article

KETUA MUI BIDANG DAKWAH: UMAT ISLAM BOLEH UCAPKAN SELAMAT NATAL

Related Posts