GERAKAN KOLABORASI KITA MANUSIA AJAK MASYARAKAT BANTU ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA

Kondisi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Indonesia masih cukup memprihatinkan. Banyak dari mereka belum mendapat penanganan dan perawatan yang layak. Belum lagi stigma yang mereka dapatkan dari orang sekitar.

Kondisi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Indonesia masih cukup memprihatinkan. Banyak dari mereka belum mendapat penanganan dan perawatan yang layak. Belum lagi stigma yang mereka dapatkan dari orang sekitar.

Data dari Kementerian Kesehatan pada 2018 menunjukkan bahwa 9,8 persen dari total penduduk Indonesia merupakan ODGJ. Sebagian besar dari mereka hidup dalam pemasungan.

“Dari angka tersebut, 12.382 ODGJ hidup dalam pemasungan. Hanya 38.14% ODGJ di Indonesia berhasil menerima perawatan yang baik dan benar, sisanya mungkin terlantar dan jumlah ini terus bertambah,” ujar penggagas platform sosial Menjadi Manusia, Rhaka Ghanisatria, dalam keterangan rilisnya.

Kondisi tersebut salah satunya disebabkan oleh minimnya pengetahuan masyarakat tentang cara menangani dan merawat ODGJ. Selain itu, jumlah rumah sakit jiwa di Indonesia juga masih minim. Melihat permasalahan tersebut, Menjadi Manusia berinisiatif mengadakan gerakan kolaborasi Kita Manusia untuk mengajak masyarakat menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai bagi ODGJ.

“Harapan kami, kampanye Kita Manusia akan dapat menghimpun donasi untuk menyediakan tempat yang lebih layak untuk ODGJ di Indonesia. Kami akan merenovasi panti rehabilitasi Al-Fajar Berseri yang didirikan oleh Marsan Susanto yang saat ini ditinggali oleh teman-teman ODGJ, supaya mereka mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama tinggal di sana,” ucap Rhaka.

Kita Manusia akan memberikan edukasi tentang pentingnya penanganan yang memadai bagi ODGJ. Aktivitas edukasi akan diberikan antara lain melalui video dokumenter mini, film pendek, dan berbagai video edukasi tentang kesehatan jiwa. Masyarakat dapat menyaksikannya melalui kanal-kanal media sosial Menjadi Manusia bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia pada 10 Oktober 2021.  

Selain itu, akan diadakan pula beragam kegiatan daring yang melibatkan masyarakat serta ODGJ yang telah berhasil bangkit. Di kampanye Kita Manusia, Menjadi Manusia berkolaborasi dengan berbagai pihak. Ada Kita Bisa, Karin Novilda, Ariel Tatum, dr. Jiemi Ardian, Avianti Armand, Ubah Stigma, TeamUp, Infia, dan Marsan Susanto.

Total
0
Shares
Previous Article

KENALI KELEBIHAN TRAVELOKA PAY LATER “VIRTUAL CARD NUMBER”

Next Article

HARGA 10 GELAS KOPI KEKINIAN BISA BELI 2 LOT SAHAM BUKA. PILIH MANA?

Related Posts