“Gaslighting” Jadi Kata yang Paling Banyak Dicari di 2022

Setiap tahunnya kamus ‘Merriam-Webster’ merilis satu kata yang paling populer dan banyak dicari. Tahun ini, kata “gaslighting” menyabet posisi Word of the Year. Mengutip dari BBC, pencarian untuk kata “gaslighting” di kamus ‘Merriam-Webster’ meningkat hingga 1740 persen.

“Di era misinformasi saat ini, teori konspirasi, troll Twitter dan kepalsuan yang mendalam gaslighting telah berkembang sebagai kata di zaman kita,” demikian pernyataan tertulis ‘Merriam-Webster’.

Sebagai informasi, istilah “gaslighting” ini merupakan manipulasi psikologis yang dilakukan seseorang terhadap pasangannya. Tujuannya, agar pasangannya tersebut meragukan dirinya sendiri, sekaligus menghilangkan rasa kepercayaan diri dan membuat dirinya nggak berharga.

Istilah ini berasal dari drama era Victoria yang berlatar di London, Inggris. Drama tersebut berjudul ‘Gas Light’, yang menceritakan tentang pernikahan kelas menengah yang didasarkan pada kebohongan dan penipuan.

Sayangnya, banyak orang yang kerap kali nggak sadar kalau dirinya menjadi korban “gaslighting”. Maka, kali ini Mimin akan merangkum berbagai contoh kalimat “gaslighting” seperti, “baper amat jadi orang”, “nggak usah sensi, cuma bercanda”, “emang kapan aku ngomong kaya gitu?”, “oh jadi kamu mikir aku bohong?”, sampai “aku selingkuh juga gara-gara kamu”.

Source Photo from AdobeStock/Shotprime Studio

Total
0
Shares
Previous Article

Alasan Lo Harus Menghindari Orang yang Sering Ngomong "Aku Emang Gini Orangnya"

Next Article

Berawal dari Adu Mulut, Jefri Nichol dan Haters Saling Tanding di Ring Tinju

Related Posts