GANJIL GENAP AKAN BERLAKU DI SEJUMLAH TOL PADA 20 DESEMBER 2021 – 2 JANUARI 2022

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberlakukan aturan ganjil-genap di sejumlah ruas tol pada 20 Desember 2021 – 2 Januari 2022.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberlakukan aturan ganjil-genap di sejumlah ruas tol pada 20 Desember 2021 – 2 Januari 2022. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat menggunakan kendaraan pribadi pada masa libur natal dan tahun baru.

“Biasanya kalau diterapkan ganjil-genap, pergerakan bisa turun sampai 30 persen,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, seperti dikutip dari kompas.com (1/12/2021).

Adapun kebijakan ganjil genap tersebut akan berlaku di ruas jalan tol Tangerang – Merak, Bogor – Ciawi – Cigombong, Cikampek – Palimanan – Kanci, dan Cikampek – Padalarang – Cileunyi. Selain itu, imbuh Budi, kebijakan ganjil-genap juga akan diterapkan di wilayah aglomerasi, ibukota provinsi, area tempat wisata, dan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi peningkatan pergerakan.

“Selain manajemen angkutan umum, juga perlu diwaspadai potensi pergerakan dengan mobil pribadi dan motor. Jumlahnya sangat banyak dan relatif susah dikendalikan,” ucapnya.

Mobilitas angkutan umum darat sendiri dibatasi maksimal 50 persen dari jumlah armada yang diizinkan beroperasi. Angkutan umum darat boleh diisi penumpang maksimal 70 persen dari jumlah tempat duduk yang tersedia. Aturan ini juga berlaku untuk penumpang angkutan penyeberangan. Selain itu, Budi juga mewajibkan operator transportasi untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Terakhir, Budi menginstruksikan para Pemerintah Daerah untuk melakukan kebijakan manajemen rekayasa lalu lintas sesuai kebutuhan masing-masing daerah.

Total
0
Shares
Previous Article

WINAMP SIAP LAHIR KEMBALI DENGAN FITUR-FITUR KEREN

Next Article

SITUS "NEW TRUTH SOCIETY HELLBOUND" BENERAN ADA, NETIZEN BISA BUAT PENGAKUAN DOSA

Related Posts
Read More

NGAKU JADI JOKI, PRIA INI SUDAH 16 KALI DISUNTIK VAKSIN COVID-19

Di media sosial, beredar sebuah video dari seorang pria bernama Abdul Rahim yang mengaku sudah 16 kali disuntik vaksin Covid-19. Warga Pinrang, Sulawesi Selatan, tersebut mengatakan bahwa 14 suntikan di antaranya dilakukan untuk menggantikan warga lain yang enggan divaksinasi tetapi ingin mendapatkan sertifikat vaksin. Jadi, Abdul bisa disebut sebagai joki vaksin.