GANJA DILEGALKAN UNTUK KEPERLUAN MEDIS, TAPI DI MALAYSIA

Ganja selama ini menjadi salah satu zat yang penggunaannya dilarang oleh negara. Namun, kini penggunaan ganja diizinkan untuk keperluan medis dan pengobatan

Ganja selama ini menjadi salah satu zat yang penggunaannya dilarang oleh negara. Namun, kini penggunaan ganja diizinkan untuk keperluan medis dan pengobatan

Kebijakan ini telah berlaku di beberapa negara, termasuk Malaysia. Kebijakan hukum di Malaysia melegalkan impor dan penggunaan produk yang mengandung ganja untuk keperluan medis.

Menteri Kesehatan, Khairy Jamaluddin, mengatakan bahwa setiap produk yang mengandung ganja harus terdaftar di Drug Control Authority (DCA) seperti yang ditentukan oleh Control of Drugs and Cosmetics Regulation 1984. Lebih lanjut, importir juga harus memiliki lisensi dan izin impor di bawah Peraturan Pengawasan Obat dan Kosmetika, Undang-undang Racun, serta Undang-undang Narkoba Berbahaya.

“Penjualan atau pengadaan eceran untuk perawatan medis untuk pasien tertentu harus dilakukan sesuai izin seorang praktisi medis yang terdaftar di bawah Medical Act 1971 atau apoteker terdaftar dengan lisensi Tipe A untuk individu tertentu berdasarkan resep yang dikeluarkan oleh praktisi medis terdaftar,” ujar Jamaluddin, seperti dikutip dari jawapos.com (14/11/2021).

Ia menambahkan, setiap izin obat juga harus didaftarkan pada aplikasi untuk mendaftarkan produk ke DCA untuk evaluasi dan pendaftaran di bawah Peraturan Pengawasan Obat dan Kosmetik 1984. Penggunaan ganja juga diatur di bawah Konvensi Tunggal Narkotika tahun 1961 dan terdaftar di bawah Jadwal I konvensi.

Jadi, negara mengizinkan penggunaan ganja tetapi tetap tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Penggunaannya diizinkan selama tidak menyalahi aturan dan hukum.

Akankah kebijakan serupa juga akan berlaku di Indonesia?

Total
0
Shares
Previous Article

MENGENAL DIPLOPIA, MASALAH MATA YANG SEBABKAN MARC MARQUEZ TERANCAM PENSIUN DINI

Next Article

KISAH PERJALANAN KARIER VALENTINO ROSSI HINGGA PENSIUN DI MOTOGP

Related Posts