Gamma Thohir, Pemuda Indonesia yang Memajukan Tanah Air Berkat Konsep ‘Renewable Energy’

Gamma Abdurrahman Thohir atau yang akrab disapa Gamma, adalah salah satu contoh generasi muda yang memiliki semangat tinggi untuk memajukan Tanah Air, salah satunya dengan menyelesaikan masalah kesenjangan akses energi antara kota besar dan pedalaman.

Keinginannya itu dilandasi ketika ia mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar di lereng Gunung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat, pada tahun 2015. Di mana masyarakat di sana masih melestarikan tradisi nenek moyang hingga saat ini. Sayangnya, akses listrik di sana masih sangat terbatas lantaran lokasinya cukup jauh dari pusat pemerintahan.

Maka dari itu, ia pun mulai belajar untuk mengembangkan ‘renewable energy’, yaitu sebuah konsep yang memanfaatkan potensi energi terbarukan seperti air dan sinar matahari, sehingga kelestarian alam tetap terjaga. Konsep ‘renewable energy’ juga dinilai sesuai dengan kearifan lokal masyarakat pedalaman yang memiliki filosofi menjaga alam dan hanya mengambil dari alam sesuai kebutuhan.

Maka dari itu, Gamma menginisiasi pembangkit listrik tenaga mikro hidro dengan kapasitas 40 kW. Project ini telah menjadi kelahiran era baru yang memungkinkan masyarakat adat di Kasepuhan Ciptagelar untuk terhubung dengan seluruh dunia dan telah mendorong pengembangan sosial dan ekonomi masyarakat setempat khususnya untuk 78 rumah tangga dan 338 orang di Kasepuhan Ciptagelar.

Dari air yang mengalir di sungai Ciptagelar, terbangun sumber energi yang menghidupkan potensi sosial dan ekonomi masyarakat Ciptagelar. Anak-anak akhirnya bisa belajar di malam hari. Ekonomi tumbuh lebih baik, salah satunya pengemasan kopi dari kebun Ciptagelar.

Tidak hanya Kasepuhan Ciptagelar, Gamma juga mengembangkan konsep ‘renewable energy’ itu di Desa Liyu, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Di sana, ia bekerja sama dengan para pemuda setempat untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya.

Berkat konsep ‘renewable energy’ miliknya ini, Gamma terpilih menjadi salah satu pembicara pada acara Conference of The Parties ke-27 (COP 27) di Mesir pada 10 November mendatang.

Gak hanya itu, pada perhelatan Sumpah Pemuda Jumat lalu, Gamma terpilih menjadi salah satu pembicara pada acara Talk Show yang diselenggarakan oleh KLHK di Manggala Wana Bakti, Gatot Subroto, DKI Jakarta. Ia mengungkap bahwa ada banyak cara untuk mencintai Indonesia, salah satunya dengan menerapkan konsep ‘renewable energy’.

“Saya akan terus berkolaborasi, khususnya dengan anak-anak muda, untuk menciptakan perubahan di negeri ini. Khususnya penyediaan dan pemerataan akses energi terbarukan berdasarkan potensi masing-masing daerah,” ujar Gamma, dikutip melalui keterangan resminya.

Source Photo from Muse Media

Total
0
Shares
Previous Article

Mengungkap Alasan Martabak Jadi Kudapan Wajib Saat Mengunjungi Rumah Pacar

Next Article

Inilah Prediksi Wujud Manusia Akibat Terlalu Mengandalkan Teknologi

Related Posts