GAGAL PAHAM, LAPAK NFT JADI TEMPAT JUALAN ONLINE SERBA ADA

Seminggu belakangan ini, sosok Ghozali Everyday menghebohkan dunia media sosial setelah berhasil meraup miliaran rupiah dari menjual foto selfie-nya di platform OpenSea. Jejak Ghozali pun mulai diikuti banyak orang

Seminggu belakangan ini, sosok Ghozali Everyday menghebohkan dunia media sosial setelah berhasil meraup miliaran rupiah dari menjual foto selfie-nya di platform OpenSea. Jejak Ghozali pun mulai diikuti banyak orang.

Kini, OpenSea seakan menjadi lapak jualan online serba ada. Berbagai macam barang dijual di sana, termasuk yang tidak lazim sekalipun. Mulai dari baju koko, cilor, lemari, hingga KTP.

“Itu hati-hati loh. Kalau KTP dijual, lalu dimasukkan ke marketplace NFT, nanti KTP-nya sudah tersambung teknologi blockchain atau sudah ada smart contract-nya,” ujar pakar Metaverse dari Indonesia Digital Milenial Cooperatives (IDM Co-op), MC Basyar, seperti dikutip dari detik.com (16/1/2022).

Jadi, ketika NFT KTP dibeli di marketplace NFT, KTP itu menjadi hak kekayaan intelektual secara universal oleh si pembeli. Pemilik asli KTP di dunia nyata pun bisa kehilangan kekuatan bila KTPnya disalahgunakan oleh si pembeli.

Para netizen, khususnya di Twitter, banyak yang mengritik kegiatan penjualan berbagai macam barang di marketplace NFT ini. Tak sedikit yang membandingkan OpenSea dengan marketplace dan pasar.

Kalau menurut kamu sendiri gimana?

Total
0
Shares
Previous Article

BENARKAH GANJA BISA BIKIN RILEKS DAN MENGURANGI INSOMNIA?

Next Article

PECAHKAN REKOR BARU, MATAHARI BUATAN CHINA DIKLAIM 5 KALI LEBIH PANAS

Related Posts
Read More

BANGGA, INDONESIA DINOBATKAN JADI NEGARA TERINDAH DI DUNIA

Survei yang dilakukan oleh situs asal Inggris, money.co.uk, menobatkan Indonesia sebagai negara terindah di dunia. Melansir dari okezone.com (13/2/2022), dalam membuat survei ini, para peneliti menghitung jumlah gunung berapi, barisan pegunungan, terumbu karang, dan kawasan lindung di setiap negara.