FITUR WORKSPACE GRATIS UNTUK SEMUA PENGGUNA GOOGLE

Fitur Workspace kini digratiskan oleh Google untuk semua pengguna.

Fitur Workspace kini digratiskan oleh Google untuk semua pengguna. Sebelumnya Google Workspace (G Suite) hanya tersedia untuk pengguna bisnis yang membayar biaya berlangganan.

Google Workspace tidak banyak berbeda dari versi gratisan secara tampilan dan kolaborasi antara berbagai layanan Google lain seperti Drive dan Docs.

Perbedannya, pada versi berbayar, Google menambahkan fitur tambahan seperti fitur untuk menampilkan Google Docs, Sheet, atau Slide ketika melakukan panggilan Google Meet.

Fitur lain misal menyebut (@-mention) pengguna lain ke dalam tugas tertentu hingga memberikan saran pada email atau dokumen kini dihadirkan Google untuk seluruh pengguna.

Walaupun demikian, Google masih menyediakan versi berbayar dengan fitur premium lain. Fitur premium itu seperti layanan booking cerdas, panggilan video profesional, email marketing yang bisa dipersonalisasi, dan lainnya. Selain itu, Google juga menyediakan layanan berbayar ini untuk pengguna perorangan dan bisnis kecil lewat Google Workspace Individual.

Pembaruan lain yang signifikan terletak pada Google Chat yang sebelumnya dikenal sebagai Google Hangouts.

Fitur chat baru ini memungkinkan pengguna melakukan panggilan video sementara dua pertiga layar digunakan untuk membuka Google Docs dan mengedit bersama sebuah dokumen. Google juga memberikan opsi bagi pengguna untuk menampilkan percakapan, Files atau Tasks.

Kemudian, Google juga memperbarui fitur room dan mengubah namanya menjadi Spaces. Fitur baru ini membuat pengguna bisa mengorganisasikan chat berdasarkan topik atau divisi tertentu mirip Slack.

Selain itu dalam ruang chat itu sekaligus bisa membagikan file dan dokumen yang khusus ditujukan untuk orang-orang yang ada pada divisi khusus itu, seperti dilaporkan TechCrunch.

Google juga melakukan pembaruan untuk Google Meet yang dilengkapi dengan berbagai fitur mirip Zoom dan Microsoft Teams.

Ada juga fitur Companion Mode yang membuat peserta video call bisa melakukan poling, chat saat video call dilakukan, fitur hand rising (tunjuk tangan), tanya jawab, dan sebagainya. Fitur ini disebut akan meluncur September di web app. Sementara untuk pengguna smartphone akan menyusul.

sumber : cnn indonesia

Total
0
Shares
Previous Article

KASUS COVID 19 DI DKI JAKARTA TEMBUS 19.244 ORANG

Next Article

FILM BULLET TRAIN AKAN RILIS 8 APRIL 2022

Related Posts