FIFA Pasang Chip pada Bola untuk Mendeteksi Offside Secara Otomatis

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memperkenalkan teknologi terbaru mereka pada gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. Teknologi yang dinamakan semi-automated offside ini diperkenalkan oleh Pierluigi Collina selaku Ketua Komite Wasit FIFA dan Johannes Holzmueller selaku Direktur Teknologi FIFA.

Sementara, untuk mengaplikasikannya chip sensor akan ditanam di tengah bola. Selain itu, ada sebanyak 12 kamera optik yang dipasang mengitari stadion. Nantinya, sensor tersebut akan mendeteksi sentuhan kaki pada bola sehingga dapat ditentukan untuk menilai posisi pemain offside atau tidak.

Teknologi semi-automated offside tersebut merupakan salah satu pengembangan yang dilakukan FIFA untuk membantu asisten wasit meninjau tayangan ulang atas insiden yang terjadi dalam permainan sepak bola. Tayangan ulang itu akan dijadikan bahan pertimbangan penilaian bagi wasit utama serta disajikan untuk penonton dalam bentuk animasi tiga dimensi.

Adapun, teknologi ini juga telah digunakan pada beberapa ajang, seperti FIFA Arabic Cup 2021 dan Piala Dunia Antarklub 2021.

Makin canggih ya. Gimana nih, menurut lo My Muse?

Source Photo from news.adidas.com

Total
0
Shares
Previous Article

Manusia Bisa Berkomunikasi dengan Kucing Lewat Kedipan Mata?

Next Article

Singapura, Thailand, Brunei, dan Malaysia Daftarkan Kebaya Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Related Posts