FAKTA MENARIK PON XX PAPUA 2021 YANG HARUS KAMU TAHU

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 telah resmi dibuka di Papua pada Sabtu (2/10/2021). Sebelumnya, beberapa cabang olahraga telah menjadi pertandingan pembuka sejak 24 September 2021 dan pertandingan akan terus berlangsung hingga 15 Oktober 2021.

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 telah resmi dibuka di Papua pada Sabtu (2/10/2021). Sebelumnya, beberapa cabang olahraga telah menjadi pertandingan pembuka sejak 24 September 2021 dan pertandingan akan terus berlangsung hingga 15 Oktober 2021.

Melansir dari kompas.tv (3/10/2021), PON XX Papua mempertandingkan 37 cabang olahraga (cabor), 56 disiplin, dan 679 nomor pertandingan. Sebanyak 7.066 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia ikut bertanding untuk memperebutkan 2.239 medali.

Penyelenggaraan PON ke-20 didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Melalui laman Instagramnya (@kemenparekraf.ri) pada (24/8/2021), Kemenparekraf menyampaikan beberapa fakta menarik tantang PON XX Papua. Apa saja?

  1. Cakupan wilayahnya lebih luas

PON biasanya dilakukan tidak lebih dari dua kota. Namun, PON tahun ini diselenggarakan di empat lokasi di Papua sekaligus. Lokasinya di Kota Jayapura (15 cabor dan 21 disiplin), Kabupaten Jayapura (14 cabor dan 22 disiplin), Kabupaten Mimika (sembilan cabor dan 12 disiplin), dan Kabupaten Merauke (enam cabor dan enam disiplin).

  • Stadion utamanya menyerupai Honai

Venue utama PON XX Papua adalah Stadion Lukas Enembe yang berlokasi di Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Konsep dan filosofi salah satu stadion termegah di Indonesia ini mengusung kekayaan alam dan budaya Papua. Desainnya menyerupai Honai – rumah adat Papua—dengan ukiran motif khas Papua di fasad sisi stadion.

  • Menjadikan noken sebagai merchandise

Panitia penyelenggara PON XX Papua telah menyiapkan 25.000 noken sebagai official merchandise untuk atlet dan kontingen. Dalam menyiapkan merchandise ini, BP PON bekerja sama dengan mama-mama yang juga diberikan lokasi untuk menjual noken. Noken merupakan ikon kearifan lokal Papua yang berfungsi sebagai alat untuk membawa barang-barang. Noken telah diakui sebagai Warisan Kekayaan Takbenda.

  • Menggunakan maskot hewan endemik

Maskot PON XX Papua bernama Kangpho dan Drawa. Kangpho merupakan kangguru pohon, sedangkan Drawa adalah burung cendrawasih. Kedua hewan ini merupakan hewan endemik Papua, lho. Yuk, kita terus beri dukungan bagi para atlet yang sedang bertanding di PON XX Papua. Selamat berjuang, para atlet!

Total
0
Shares
Previous Article

PERJALANAN INDONESIA DI PIALA SUDIRMAN 2021 TERHENTI SETELAH KALAH DARI MALAYSIA 3-2

Next Article

3 MAHASISWA ITS GAGAS “DASHBOARD” DISTRIBUSI VAKSIN. SEPERTI APA?

Related Posts
Read More

NAGITA SLAVINA MELAHIRKAN ANAK KEDUA

Pasangan selebritas Raffi Ahmad – Nagita Slavita sedang berbahagia. Gigi, panggilan akrab Nagita, baru saja melahirkan anak kedua mereka di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (26/11/2021).