Fakta Dibalik Minuman Isotonik, Beneran Nambah Ion atau Hanya Sugesti?

Ketika merasa dehidrasi, minuman isotonik seringkali dijadikan suatu opsi dibandingkan air putih, karena digadang-gadang dapat menggantikan cairan dalam tubuh serta memiliki rasa yang menyegarkan.

Namun, apakah klaim tentang manfaat minuman isotonik ini benar adanya?

Sedikit informasi, minuman ini memiliki kandungan seperti karbohidrat, mineral, dan elektrolit sebanyak enam sampai delapan persen.

Minuman isotonik memiliki konsentrasi gula dan garam serta kepekatan yang serupa dengan cairan dalam tubuh. Kandungan tersebut membuat minuman isotonik lebih cepat diserap oleh tubuh dan kerap kali dijadikan pilihan ketika seseorang merasa dehidrasi.

Mengetahui kandungan dan cara kerjanya, maka klaim tentang minuman isotonik dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang benar adanya.

Namun, agar manfaatnya lebih terasa, lo bisa mengonsumsi minuman isotonik ketika melakukan pekerjaan berat atau setelah berolahraga. Terpenting, jangan mengonsumsi minuman ini secara berlebihan juga dapat menyebabkan diabetes tipe dua, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Sebagai gantinya, lo juga bisa menggunakan air kelapa yang memiliki kandungan isotonik alami dan dicampur dengan larutan gula serta garam.

Source Photo from Istock Photo/Natalia Semenova

Total
0
Shares
Previous Article

Riset: Gen Z Sering Berbohong Soal Kesehatannya Karena Takut Dihakimi

Next Article

Punya Suami Miliarder, Wanita Ini Pilih Selingkuh dengan Satpam

Related Posts