EMTEK GROUP RESMI SUNTIK GRAB INDONESIA SEBESAR RP 5,43 TRILIUN

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk alias Emtek Group menyuntikkan dana investasi US$375 juta atau setara Rp5,43 triliun (kurs Rp14.480 per dolar AS) kepada PT Grab Teknologi Indonesia.

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk alias Emtek Group menyuntikkan dana investasi US$375 juta atau setara Rp5,43 triliun (kurs Rp14.480 per dolar AS) kepada PT Grab Teknologi Indonesia.

Suntikan dana tersebut membuka peluang kerja sama lebih besar bagi Grab terhadap PT Bukalapak Tbk dikarenakan Emtek merupakan salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan e-commerce tersebut.

Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono mengungkapkan kerja sama ini bertujuan memperluas ekosistem digitalisasi dan menciptakan banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia.

Ia juga berharap kolaborasi kedua perusahaan bisa menguatkan ekosistem kelogistikan, e-commerce, layanan keuangan, telemedicine, perikanan dan media digital, serta produk digital untuk kios dan warung tradisional.

“Grab memiliki keahlian teknologi yang mumpuni, komitmen untuk berinovasi, dan kepemimpinan yang terbukti sukses hingga level operasional dimana keunggulan-keunggulan ini menjadikan mereka sebagai mitra yang tepat, dan kami senang dapat bekerja sama dengan Grab untuk memperkuat infrastruktur digital dan membangun ekonomi digital Indonesia yang menjangkau semua,” ungkap Sutanto dalam keterangan resmi, Senin (26/7).

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan perusahaan berharap bisa memanfaatkan jaringan media yang luas dari Emtek dan jaringan e-commerce Bukalapak untuk memperdayakan pelaku UMKM agar tidak hanya menjadi pelaku usaha online, namun juga bermitra dan menyediakan layanan digital bagi para pedagang warung.

“Bersama-sama, kami berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak solusi digital untuk mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia,” ucap Neneng.

Emtek dan Grab juga meluncurkan inisiatif Festival Kota Mapan untuk mendukung digitalisasi bagi UMKM. Rencananya inisiatif tersebut akan dimulai di Solo, Jawa Tengah dengan target 1.000 peserta UMKM pada September 2021.

Target selanjutnya, layanan digital akan diperluas hingga ke lebih dari 7 juta pemilik warung dan UMKM lainnya yang ada di ekosistem Bukalapak. Kedua perusahaan juga menjajaki kemungkinan membawa pelaku e-commerce di Bukalapak ke GrabMart, platform belanja bahan makanan di Grab dan sebaliknya.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto turut mendukung kerja sama dari langkah suntikan investasi Emtek ke Grab. Harapannya, ini bisa memberi dampak positif bagi pemulihan ekonomi Indonesia dan pemerataan akses ekonomi digital di tanah air.

“Semoga sinergi Grab dan Emtek Group dapat menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital minimal lima besar dunia dengan merangkul UMKM secara inklusif, termasuk diantaranya menyediakan teknologi yang ramah terhadap setiap kalangan termasuk penyandang disabilitas, perempuan dan UMKM di daerah-daerah terdepan, terpencil dan tertinggal,” ucapnya.

sumber : cnn indonesia

Total
0
Shares
Previous Article

KALAHKAN PASANGAN MALAYSIA, THE DADDIES MELAJU KE PEREMPAT FINAL

Next Article

GOOGLE SUMBANG RP 14,5 MILIAR UNTUK PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA

Related Posts