EKONOM HARVARD BAGIKAN TIPS MENCAPAI KEAMANAN FINANSIAL. APA SAJA?

Mencapai keamanan finansial menjadi cita-cita banyak orang.

Mencapai keamanan finansial menjadi cita-cita banyak orang. Keamanan finansial adalah kondisi di mana seseorang memiliki pendapatan atau sumber daya yang stabil untuk menopang kebutuhan hidupnya kini dan nanti.

Ternyata, mencapai keamanan finansial bukan hal yang sulit, lho. Seorang profesor ekonomi dari Universitas Harvard, Laurence J. Kotlikoff, mengatakan bahwa seseorang dapat mengelola uang dan mencapai keamanan finansial bila memiliki panduan prinsip.

Melansir dari cnbcindonesia.com (7/1/2022), berikut panduan-panduan prinisp yang dibagikan oleh Kotlikoff. Simak, yuk!

1. Membeli rumah sendiri secara tunai. Menurut Kotlikoff, memiliki rumah sendiri dapat mengurangi risiko masa panjang dan membebaskan kamu dari biaya sewa rumah di masa tua nanti.

2. Memilih pekerjaan yang tidak disukai orang-orang. Biasanya pekerjaan ini tidak menyenangkan, menegangkan, dan tidak aman. Namun, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan bayaran yang tinggi karena saingannya sedikit atau bahkan tidak ada.

3. Ukur gaya hidup. Terapkan gaya hidup hemat dan berkelanjutan.

4. Jangan tergesa-gesa untuk pensiun dini karena berbahaya untuk kondisi finansialmu. Selain itu, jangan mengambil manfaat jaminan pensiun sebelum memasuki masa tua.

5. Cek investasi yang dilakukan secara berkala. Pastikan kamu tidak menempatkan tabungan pra pensiun secara autopilot, tidak membelanjankan jumlah yang salah, dan selalu menyesuaikan diri dengan kondisi pasar.

Itu dia beberapa panduan yang bisa kamu coba untuk mencapai keamanan finansial di masa muda. Selamat mencoba!

Total
0
Shares
Previous Article

TANAMAN LANGKA DI KAMERUN DIBERI NAMA DICAPRIO DARI LEONARDO DICAPRIO

Next Article

MULAI 2023, PELAT NOMOR KENDARAAN AKAN DIPASANGI CIP

Related Posts