DPR RI Sahkan RKUHP Jadi Undang-Undang

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) sebagai Undang-Undang (UU). Pengesahan ini dilakukan dalam pengambilan keputusan tingkat II pada Rapat Paripurna ke-11 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (6/12/2022).

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, selaku pemimpin sidang menjelaskan bahwa dalam rapat keputusan tingkat I pada 24 November lalu seluruh fraksi di DPR sepakat agar RKUHP dibawa dalam rapat paripurna. Hanya Fraksi PKS yang menyepakatinya dengan catatan.

“Beberapa isu krusial itu sudah dilakukan penyesuaian substansi maupun redaksional, penambahan penjelasan, hingga penghapusan substansi,” ujar Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto, seperti dikutip dari kompas.com (6/12/2022).

Sebelumnya, sejumlah kalangan publik seperti jurnalis, praktisi hukum, aktivis HAM, dan mahasiswa masih menilai materi dalam draf RKUHP masih memuat pasal-pasal bermasalah. Melansir dari cnnindonesia.com, ada beberapa pasal yang dinilai bisa mengarah ke kriminalisasi dalam naskah RKUHP terbaru per 30 November 2022.

Beberapa pasal tersebut antara lain pasal 218 ayat (1) tentang penghinaan terhadap presiden, pasal 192 tentang makar, pasal 349 tentang penghinaan lembaga negara, pasal 256 tentang pidana demo tanpa pemberitahuan, serta pasal 263 ayat (1) tentang penyebarluasan berita bohong.

Lebih lanjut, pasal 604 mengatur hukuman pidana koruptor turun menjadi minimal dua tahun dan maksimal 20 tahun. Kemudian, pasal 413 ayat 1 mengatur pidana perzinaan selama 1 tahun terhadap hubungan seks di luar nikah, pasal 1 ayat 188 tentang penyebaran ajaran komunis dengan ancaman pidana empat tahun penjara, pasal 252 ayat (1) tentang hukuman pelaku santet mencapai 1,5 tahun, serta pasal 331 tentang hukuman denda Rp 10 juta untuk pelaku vandalisme dengan mencoret-coret dinding.

Image Source from detik.com

Total
0
Shares
Previous Article

Curhatan Alex Reid Ketika Menjadi Idol K-Pop Berkulit Hitam Pertama di Korea Selatan

Next Article

Tren 'Blokecore': Mix and Match Pakaian dengan Jersey Bola

Related Posts
Read More

PEREMPUAN JUGA BISA! INI DIA SOSOK PELATIH WANITA PERTAMA IBL, KARTIKA SITI AMINAH

Di kalangan masyarakat, bola basket identik dengan dunia laki-laki, dimulai dari pemain hingga pelatih. Akan tetapi, akhir-akhir ini telah tercatat sebuah sejarah baru. Sosok Kartika Siti Aminah resmi diangkat sebagai kepala pelatih untuk Seri 2 Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Ia resmi debut sebagai kepala pelatih perempuan pertama IBL untuk Bima Perkasa pada hari Minggu (30/1/2022).