Dishub DKI Siapkan Artificial Intelligence untuk Urai Kemacetan

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Google menyiapkan sistem berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk mengurai kemacetan. Proyek bernama Project Green Light ini rencananya akan mulai beroperasi pada 2023.

Sistem tersebut akan menganalisis lokasi lalu lintas yang kerap menjadi titik kemacetan. Hasil analisisnya akan dikirimkan ke Dishub DKI Jakarta untuk menjadi dasar optimalisasi pengaturan lalu lintas.

“Kami tidak berharap kemacetannya akan langsung selesai. Tidak sampai sejauh itu. Dari data analisis kami ingin mengetahui dan mengurai sumber kemacetan itu dari mana,” kata Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dishub DKI Jakarta, Emanuel Kristanto, seperti dikutip dari techinasia.com (8/12/2022).

Lebih lanjut, Emanuel juga berharap sistem AI tersebut dapat membantu dalam hal efisiensi bahan bakar kendaraan dan mengurangi polusi.

DKI Jakarta akan menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memanfaatkan AI untuk menganalisis kemacetan. Sebelumnya, proyek ini telah terbukti berhasil membantu efisiensi mobilitas hingga 20 persen dari kondisi kemacetan normal.

Image Source from Media Indonesia/Susanto

Total
0
Shares
Previous Article

Siapa yang Kalau Sedang Stres Langsung Potong atau Mewarnai Rambut?

Next Article

Hadiri Acara Pernikahan karena Ingin Makan Gratis, Pria Ini Malah Disuruh Cuci Piring

Related Posts