DERETAN SARANA MONETISASI FACEBOOK DAN INSTAGRAM YANG “CONTENT CREATOR” WAJIB TAU

Facebook dan Instagram berkomitmen mendukung para kreator konten. Mereka ingin membantu mengubah passion para kreator konten menjadi sebuah karier yang menjanjikan.

Facebook dan Instagram berkomitmen mendukung para kreator konten. Mereka ingin membantu mengubah passion para kreator konten menjadi sebuah karier yang menjanjikan.

Salah satu bentuk komitmen mereka tunjukkan dengan menyediakan sarana dan produk monetisasi. Bahkan, Facebook telah menginvestasikan Rp 142 triliun untuk sarana dan produk monetisasi.

Melansir dari tempo.co (1/11/2021), ada lima sarana dan produk monetisasi di Facebook dan Instagram. Seperti apa fungsi dari masing-masing sarana dan produk tersebut?

  1. In-stream ads

Melalui fitur ini, kreator konten yang memenuhi syarat dapat menghasilkan uang dengan menyertakan iklan pendek sebelum atau selama video. Kreator akan mendapatkan komisi dari iklan yang tayang.

  • Brands Collab Manager

Fitur ini membantu merek menemukan dan menjangkau para kreator untuk kemitraan konten bermerek. Para kreator pun dapat membuat portofolio dengan bantuan fitur ini, sehingga merek yang ingin mengajak mereka bekerja sama dapat dengan mudah melihat jejak karya mereka. Di portofolionya, para kreator konten dapat menampilkan video unggulan, insight viewers, data kinerja, dan sejarah kemitraan merek.

  • Fan Subscriptions

Di fasilitas ini, kreator konten dapat memanjakan penggemarnya dengan berbagai keuntungan. Misalnya, konten eksklusif, interaksi pribadi, dan lencana pendukung. Dari sisi penggemar, mereka dapat terus setia mendukung konten-konten yang mereka sukai dengan ikut langganan bulanan berulang.

  • Stars

Stars adalah fitur di Facebook yang memungkinkan pengguna memonetisasi streaming video. Penonton bisa membeli Stars dan mengirimkannya kepada pengguna saat melakukan streaming. Untuk setiap Stars yang diterima, Facebook akan membayar pengguna sebesar Rp 142.

  • Paid Online Events

Paid Online Events merupakan acara online berbayar. Melalui fasilitas ini, kreator bisa membuat acara, mengenakan biaya kepada orang yang menghadiri acara, mempromosikannya ke pemirsa dan pelanggan, serta menggelar acara semuanya di satu tempat.

Itu dia kelima sarana monetisasi yang bisa para kamu coba di Facebook dan Instagram. Tertarik mencoba?

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Article

AMELLYA NUR SIFA CATAT SEJARAH DENGAN TEMBUS FINAL PIALA DUNIA BMX 2021

Next Article

PELAKU PERJALANAN DARAT 250 KM ATAU 4 JAM KINI WAJIB PCR ATAU ANTIGEN

Related Posts