DEMI KURANGI POLUSI, PEMPROV DKI AKAN TILANG KENDARAAN YANG TIDAK LULUS UJI EMISI

Polusi kendaraan menjadi salah satu masalah yang tak kunjung usai di DKI Jakarta. Melansir dari kompas.com (17/6/2020), Jakarta sempat berada di peringkat ke-2 di dunia sebagai kota paling berpolusi.

Polusi kendaraan menjadi salah satu masalah yang tak kunjung usai di DKI Jakarta. Melansir dari kompas.com (17/6/2020), Jakarta sempat berada di peringkat ke-2 di dunia sebagai kota paling berpolusi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun terus berkomitmen memperbaiki kualitas udara di ibu kota. Terbaru, Pemrov DKI akan memberlakukan sanksi tilang bagi motor dan mobil yang tidak lulus uji emisi.

Kebijakan tersebut akan mulai diberlakukan pada 13 November 2021. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan bahwa sanksi tilang akan diberikan melalui razia kendaraan bermotor.

Menurutnya, kendaraan yang telah melakukan pengujian emisi akan mendapatkan surat keterangan yang menyatakan lulus atau tidak. Saat razia, pihak kepolisian akan melakukan pengecekan surat keterangan itu secara daring melalui e-ujiemisi demi menghindari pemalsuan surat.

Pengendara yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai pasal 285 dan Pasal 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Untuk R2 (roda dua) denda maksimal Rp250.000 dan untuk R4 (roda empat) denda maksimal Rp500 ribu,” kata Syafrin, seperti dikutip dari merdeka.com (26/10/2021).

Ia menambahkan, uji emisi kendaraan bermotor juga akan terintegrasi dengan tarif parkir di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Misalnya, IRTI Monas, Blok M Square, Samsat Jakarta Barat, Pasar Mayestik, dan Park and Ride Terminal Kalideres. Kendaraan yang belum melakukan uji emisi akan dikenakan tarif parkir Rp 7 ribu per jam.

Yuk, segera uji emisi kendaraanmu agar tak ditilang!

Total
0
Shares
Previous Article

GOOGLE UNGKAP INDONESIA JADI NEGARA PALING BANYAK MINTA HAPUS KONTEN

Next Article

GOOGLE BUKA LOWONGAN BESAR-BESARAN DI INDONESIA. BURUAN CEK!

Related Posts