DAMPAK PANDEMI, BANYAK WARGA YANG GADAI BARANG BERHARGA DI PEGADAIAN

Pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan membuat sebagian masyarakat mulai mencari cara untuk bertahan hidup, salah satunya dengan menjual dan menggadai aset-aset yang dimiliki.

Pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan membuat sebagian masyarakat mulai mencari cara untuk bertahan hidup, salah satunya dengan menjual dan menggadai aset-aset yang dimiliki.

Peningkatan transaksi yang terjadi di Pegadaian memperlihatkan hal tersebut. Bahkan tidak sedikit yang menggadaikan barang berharga saat pandemi.

“Barang jaminan emas mendominasi 98% berupa emas batangan, perhiasan atau tabungan emas, sisanya 2% berupa barang non emas seperti kendaraan bermotor, barang elektronik, dan alat rumah tangga lainnya,” kata Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani kepada CNBC Indonesia, Kamis (29/7/21).

Dibanding tahun lalu, Omset gadai yang ada di Pegadaian, konvensional dan syariah tahun ini meningkat tajam. Selama enam bulan di tahun 2021 ini, antara Januari-Juni, Pegadaian mencatatkan omset gadai konvensional sebesar Rp 68 triliun.

“Angka ini tumbuh year on year 5,9% dibandingkan enam bulan tahun 2020 yang mencatat Rp 64 triliun,” kata Basuki.

Kemudian, omset gadai syariah pun ada peningkatan di tahun ini. Hal ini mengindikasikan bahwa makin banyak masyarakat yang butuh uang (BU) dalam membiayai hidup maupun keperluannya.

“Omset gadai syariah sepanjang semester 1-2020 nilainya Rp 11 triliun, sementara di tahun ini sampai 30 Juni 2021 nilainya Rp 12 triliun atau ada pertumbuhan year on year (YoY) 7,4%,” papar Basuki.

sumber : cnbc indonesia

Total
0
Shares
Previous Article

SISWA INDONESIA RAIH 6 MEDALI OLIMPIADE DI AJANG IMO

Next Article

NADIEM AKAN BAGIKAN LAPTOP MERAH PUTIH KE PARA PELAJAR DI INDONESIA

Related Posts
Read More

NAGITA SLAVINA MELAHIRKAN ANAK KEDUA

Pasangan selebritas Raffi Ahmad – Nagita Slavita sedang berbahagia. Gigi, panggilan akrab Nagita, baru saja melahirkan anak kedua mereka di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat (26/11/2021).